Dark/Light Mode

Asetku Pede, Masih Bisa Salurkan Dana Sebanyak Rp 18 Triliun Di 2021

Jumat, 5 Februari 2021 10:30 WIB
Asetku Pede, Masih Bisa Salurkan Dana Sebanyak Rp 18 Triliun Di 2021

RM.id  Rakyat Merdeka - Asetku, Fintech Peer to Peer Lending terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keungan (OJK) optimistis dapat menyalurkan dana sebanyak Rp 18 triliun di 2021. 

Target penyaluran dana di 2021 lebih besar 20 persen jika dibandingkan dengan target penyaluran tahun lalu.

Direktur Asetku Andrisyah Tauladan melihat adanya potensi peningkatan pengguna maupun penyaluran dana di tahun 2021.

Baca juga : PT PP Properti Bidik Marketing Sales Tahun Ini Rp 1,38 triliun

Seperti di 2020, dengan kondisi  pandemik Covid-19, Asetku mampu bertahan dan berhasil menyalurkan dana hingga Rp 18 triliun dengan peningkatan pengguna baru hingga 81 persen untuk Lender dan 67 persen untuk Borrower. 

“Kami dapat bersyukur dengan perkembangan yang positif di 2020, terutama di tengah pandemik Covid-19 dengan penyesuaian skema yang tentu diperketat, kami  bisa bertahan bahkan meningkat dari segi pengguna hingga penyaluran dana, dan yang utama dengan TKB90 hari tetap di angka 100 persen,” katanya.

Kontribusi penyaluran pinjaman Asetku di 2020 mencapai 24 persen dari total penyaluran pinjaman nasional dan optimis dapat meningkat di 2021 dengan strategi-strategi yang akan diterapkan.

Baca juga : Tahun 2020, Asabri Salurkan Dana Pensiun Rp 15,5 Triliun

Komisaris Asetku Jimmi Adhe Kharisma menambahkan tahun pihaknya akan mengejar rencana-rencana yang sempat tertunda di 2020, seperti bekerjasama  dengan lembaga jasa keuangan maupun e-commerce untuk program diversifikasi  peminjam supaya profilnya jadi lebih beragam.

Selain itu, perluasan pengguna secara geografis juga akan digalakkan kembali di iringi dengan aktifitas edukasi secara online dan strategi marketing lainnya.

Hal ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan literasi keuangan digital khususnya di daerah-daerah  luar pulau Jawa.

Baca juga : Kinerja Kinclong, Unit Syariah Bank DKI Salurkan Pembiayaan Rp 5,99 Triliun

Asetku akan tetap memperketat skema dan prosedur mitigasi risiko di tahun ini.  Langkah-langkah mitigasi risiko tahun lalu akan dievaluasi dan akan ditingkatkan kembali tahun ini.

“Kami akan tetap perketat seleksi calon peminjam dan kerjasama dengan asuransi juga akan terus berlangsung," katanya.

Selain itu, Asetku juga akan meningkatkan infrastruktur legal and compliance agar dapat memenuhi ketentuan yang berlaku di masa mendatang. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.