Dark/Light Mode

Cadangan Devisa Akhir Januari 2021, Naik Jadi Rp Rp 1.939,6 Triliun

Jumat, 5 Februari 2021 11:42 WIB
Ilustrasi cadangan devisa. (Foto: ist)
Ilustrasi cadangan devisa. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cadangan devisa (cadev) Indonesia pada akhir Januari 2021 mencapai 138,0 miliar dolar AS (Rp 1.939,6 triliun) atau meningkat dari posisi pada akhir Desember 2020 sebesar 135,9 miliar dolar AS (Rp 1,911 triliun).

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,5 bulan impor atau 10,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

Baca juga : Tahun Lalu, Penyerapan Anggaran Kemenperin Capai Rp 1,98 Triliun

“BI menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” jelas Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono dalam keterangan, Jumat (5/2).

Peningkatan posisi cadangan devisa pada Januari 2021 terutama dipengaruhi oleh penerbitan global bonds pemerintah dan penerimaan pajak. 

Baca juga : Catat Kinerja Cukup Baik, Aset BRI Tembus Rp 1.511,81 Triliun

Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.