Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kejar Target Pertumbuhan Ekonomi 5 Persen

Pemerintah Siapin Taktik Jitu

Senin, 8 Februari 2021 05:11 WIB
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (Foto : shutterstock.com).
Ilustrasi pertumbuhan ekonomi. (Foto : shutterstock.com).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menyiapkan berbagai strategi untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi di angka 5 persen. Target ini diyakini bisa tercapai jika jumlah kasus Covid-19 menurun.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Febrio Kacaribu mengatakan, strategi yang akan dijalankan Pemerintah adalah fokus pada langkah-langkah antisipatif dan responsif menekan penyebaran Covid-19.

“Penyebaran virus Corona yang terkendali dipastikan akan mendorong keberlanjutan tren pemulihan ekonomi nasional,” kata Febrio dalam keterangan resminya, kemarin.

Baca juga : BRI Lirik 57 Juta Usaha Ultra Mikro

Strategi lainnya, lanjut Febrio, Kementerian Keuangan bersama Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lem­baga Penjamin Simpanan (LPS) dalam wadah Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), juga terus melakukan koordinasi un­tuk memastikan bahwa proses pemulihan ekonomi nasional didukung oleh kebijakan yang kondusif, terpadu dan efektif.

Kebijakan fiskal ini dalam bentuk insentif fiskal dan belanja negara. Selain itu, ada juga kebi­jakan moneter, makroprudensial, sistem pembayaran, kebijakan makroprudensial sektor keuangan dan kebijakan penjaminan simpanan secara terpadu.

“Kebijakan-kebijakan ini diarahkan selaras dengan refor­masi struktural yang terus kami lakukan,” kata Febrio.

Baca juga : BPS: Sektor Pertanian Tumbuh Positif 2,59 Persen Di Kuartal IV

Menurutnya, koordinasi dan sinergi kebijakan terpadu dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi ini sangat dibutuhkan untuk membantu pelaku ekonomi, agar tetap dapat bertahan dan mu­lai melakukan ekspansi usaha.

Sementara, reformasi struk­tural yang dijalankan Pemerin­tah diharapkan bisa menghapus berbagai hambatan iklim usaha, sehingga produktivitas berusaha bisa makin meningkat.

“Manfaat berbagai strategi yang dijalankan Pemerintah ini akan tercermin pada meningkat­nya aktivitas ekonomi. Khusus­nya investasi yang menciptakan lapangan kerja,” tegas Febrio.

Baca juga : 50 Persen Pelaku Usaha Peternakan Gulung Tikar

Saat ini, Pemerintah terus menggenjot vaksinasi, sekaligus tetap memperkuat testing, tracing, dan treatment (3T). Selain itu, mendorong kedisiplinan protokol kesehatan, yaitu me­makai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan (3M).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.