Dark/Light Mode

Rel Ditinggikan, Jalur Kereta Api Lintas Utara Kembali Beroperasi

Selasa, 9 Februari 2021 13:35 WIB
Jalur KA Stasiun Tawang sudah selesai diperbaiki akibat terendam banjir. (foto: net)
Jalur KA Stasiun Tawang sudah selesai diperbaiki akibat terendam banjir. (foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jalur KA lintas utara kembali beroperasi setelah proses peninggian rel di ruas antara Stasiun Tawang dan Alastuwa, Kota Semarang - yang sempat terendam banjir selama tiga hari terakhir - selesai dikerjakan, Selasa (9/2).

Manajer Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiyantoro mengatakan, proses pengerjaan dilaksanakan sejak Senin (8/2) hingga Selasa dini hari. Ia menjelaskan dari jalur rel ganda yang melintasi rute Tawang-Alastuwa, peninggian rel baru dilakukan untuk salah satu jalur.

Baca juga : AHY Bisa Naik Kelas

"Difokuskan untuk peninggian rel jalur hulu, dengan pertimbangan yang paling memungkinkan," kata Krisbiyantoro seperti dikutip Antara, Selasa (9/2).

Jalur yang sempat terendam tersebut, kini dapat dilintasi dengan kecepatan terbatas 10 km per jam. Kereta pertama yang pertama melintas setelah dibuka adalah KA Maharani jurusan SurabayaSemarang," katanya.

Baca juga : Rel Tergenang Banjir, Kereta Api yang Lewati Semarang Masih Dialihkan

Upaya normalisasi jalur masih terus dilakukan, agar jalur ganda dapat segera dioperasikan dengan kecepatan normal. Banjir yang melanda Kota Semarang pada Sabtu (6/2), ikut merendam rel jalur KA lintas utara di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut. Perjalanan sejumlah KA terganggu dan terpaksa dialihkan melalui jalur selatan. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.