Dark/Light Mode

Kalau Bisa Lalui Badai Kudeta

AHY Bisa Naik Kelas

Selasa, 9 Februari 2021 06:35 WIB
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat , Jakarta, Senin (1/2/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) usai memberikan keterangan pers di kantor DPP Partai Demokrat , Jakarta, Senin (1/2/2021). (Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja)

RM.id  Rakyat Merdeka - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) tengah diterpa badai besar: akan dikudeta dari kursi Ketua Umum Partai Demokrat. Jika mampu melalui badai ini dengan baik dan mulus, putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu disebut bisa naik kelas. Tak hanya mampu menancapkan “kuku” di internal, tapi namanya bisa harum di luar.

Sejauh ini, badai kudeta itu belum mereda. Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Jenderal (Purn) Moeldoko, yang diduga bermaksud mengambil alih Demokrat, belum juga mau mengakui. Dalam dua kali konferensi pers, Moeldoko terus membantah isu itu. Mantan Panglima TNI itu justru memancing-mancing kader Demokrat.

Dari pihak Demokrat, terlihat panas dengan sikap Moeldoko. Mereka pun terus menyerang dengan mengeluarkan hardikan dan kata-kata keras.

Baca juga : Analisa Guru Besar Unpar: Kisruh Demokrat Bidik SBY

Meski begitu, isu ini juga menyimpan berkah bagi Demokrat. Sejak isu itu muncul pada Senin pekan lalu, porsi pemberitaan partai berlambang bintang mercy ini, melonjak tajam.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) DPP Partai Demokrat, Tomi Satryatomo membuat riset terkait pertarungan narasi kudeta ini dengan tools yang disebut sebagai social network analysis. Ia membuat perbandingan antara sepekan sebelum isu kudeta dibuka ke publik dengan sepekan setelahnya. Hasilnya cukup positif. Popularitas Demokrat melejit.

“Tanggal 31 Januari sampai 6 Februari, popularitasnya melejit jauh di atas 70 ribu. Favorabilitasnya (tingkat kesukaan) pun naik jauh mengatasi partai-partai lain,” jelas Tomi.

Baca juga : Malaysia Beli 6,4 Juta Dosis Vaksin Sputnik V

AHY juga ketiban berkah. Dia mengklaim, sepekan terakhir, popularitas AHY melejit. “Partai Demokrat maupun ketum AHY itu menjadi media darling,” klaimnya.

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra juga mengklaim, partainya semakin solid usai isu kudeta itu muncul. Seluruh kader, kini punya musuh bersama, yakni siapa pun yang ingin merampas secara paksa kepemimpinan Demokrat yang sah.

“Alhamdulillah, setelah kejadian ini, semua kader justru semakin solid dan bersatu,” kata Herzaky, ketika dikontak Rakyat Merdeka, kemarin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.