Dark/Light Mode

Ini Langkah AP II Cegah Banjir Di Bandara Halim Perdanakusuma

Sabtu, 13 Februari 2021 18:39 WIB
Sistem drainase di Bandara Halim Perdanakusuma diperkuat 
(foto:APII)
Sistem drainase di Bandara Halim Perdanakusuma diperkuat (foto:APII)

 Sebelumnya 
Agus melanjutkan, saluran air di sisi udara tepatnya di sepanjang Taxiway C sampai ke area kargo juga telah dilebarkan dan dilakukan normalisasi. 

“Kami juga memastikan manhole (penutup saluran drainase) dan saluran drainase dapat berfungsi dengan baik. Seluruh pintu air di kolam penampungan, juga dipastikan dapat bekerja dengan baik,” ujarnya. 

Mobil Pompa Air

Baca juga : Ini 5 Langkah Strategis Pemerintah Dan BI Jaga Inflasi

Bandara Halim Perdanakusuma saat ini juga diperkuat mobil pompa air dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane sebagai amunisi, guna memastikan bandara bebas banjir.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma Marsma Pnb TNI, Nandang Sukarna mengatakan, mobil pompa sudah digunakan sejak 8 Februari 2021. 

“Atas dukungan dari Kementerian PUPR, mobil pompa dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung - Cisadane sudah datang di Bandara Halim pada 7 Februari. Kemudian, pada 8 Februari, mobil pompa sudah digunakan untuk mendukung Bandara Halim Perdanakusuma bebas banjir,” ujar Nandang.

Baca juga : Banjir Di Jaktim Nyaris Tenggelamkan Rumah

Di samping penambahan dan peningkatan kapasitas infrastruktur sistem drainase, Bandara Halim juga menerapkan prosedur baru untuk mengantisipasi banjir. Misalnya, pengecekan khusus dilakukan di seluruh area ketika hujan turun lebih dari 1 jam. 

Lalu, frekuensi pembersihan sampah di area kolam penampung dan saluran drainase ditingkatkan, serta koordinasi berkelanjutan dengan tim Kementerian PUPR dan Lanud Halim Perdanakusuma terkait sistem drainase. 

Bandara Halim memiliki total luas area sekitar 165 hektar, dengan luas terminal penumpang pesawat 21.108 meter persegi. Serta luas apron 152.100 meter persegi, luas area kargo 1.685 meter persegi, dan runway berdimensi 3.000 x 45 meter. 

Baca juga : BKS-Ganjar Bahas Penanganan Banjir Di Bandara Ahmad Yani Semarang

Jumlah pergerakan penumpang di bandara ini sempat menyentuh 6 juta orang per tahun. Bandara ini dikenal dengan multiple airport yang melayani berbagai jenis penerbangan, yakni penerbangan reguler berjadwal, penerbangan charter, penerbangan VIP/VVIP, penerbangan militer, penerbangan medivac (medis), penerbangan kargo, penerbangan privat, dan penerbangan untuk latihan. 

Bandara Halim juga turut mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di DKI Jakarta. Khususnya terkait dengan protokol kesehatan seperti menerapkan jaga jarak, mewajibkan penggunaan masker, dan memastikan penumpang pesawat memenuhi persyaratan perjalan dengan pesawat semisal harus memiliki tes Covid-19 yang masih berlaku.  [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.