Dark/Light Mode

Butuh Modal Kerja

Bank Mantap Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun

Senin, 1 Maret 2021 22:30 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) berencana menerbitkan Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) I tahap II tahun 2021, dengan jumlah pokok sebesar Rp 2 triliun. Obligasi tersebut terdiri dari dua seri, yaitu obligasi seri A dan seri B, yang masing-masing ditawarkan sebesar 100% dari jumlah pokok obligasi. 

Jumlah obligasi seri A yang ditawarkan mencapai Rp 800 miliar, dengan tingkat bunga atau kupon tetap sebesar 6,5% per tahun. Jangka waktu seri A adalah tiga tahun terhitung sejak tanggal emisi. Sementara untuk obligasi seri B, jumlah yang ditawarkan adalah sebesar Rp 1,2 triliun dengan tingkat bunga tetap sebesar 7,25% per tahun.

Baca juga : Negara G-20 Sepakat Tingkatkan Koordinasi

Dalam keterbukaan informasi kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (1/3), masa penawaran umum obligasi berkelanjutan I tahap II tersebut jatuh pada 15-16 Maret 2021. Adapun, tanggal penjatahan dijadwalkan pada 17 Maret 2021. Sedangkan tanggal distribusi obligasi secara elektronik pada 19 Maret 2021. 

Anak usaha PT Bank Mandiri (Persero) Tbk ini sebelumnya memiliki jatah obligasi sebesar Rp 4 triliun. Sebelumnya, perseroan telah menerbitkan obligasi berkelanjutan tahap pertama di tahun 2019 dengan jumlah pokok sebesar Rp 1 triliun. 

Baca juga : Masuk 10 Emiten Kapitalisasi Terbesar, BSI Kantongi Rp 115 Triliun

"Dana yang diperoleh dari penawaran umum obligasi ini, setelah dikurangi dengan biaya-biaya emisi, seluruhnya akan dipergunakan perseroan untuk modal kerja dalam rangka kegiatan usaha penyaluran kredit," tulis manajemen dalam keterbukaan informasi. 

Sebagai informasi, tahun lalu Bank Mantap berhasil mencatatkan pertumbuhan cukup positif. Hal ini tercermin dari total aset yang meningkat sebesar 30,24% secara year on year (yoy) menjadi Rp 35,09 triliun. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.