Dark/Light Mode

Banyak Hotel Tutup Dan Dilego

Pebisnis Girang Wisata Bali Segera Dibuka Lagi

Kamis, 18 Maret 2021 05:57 WIB
Wisatawan mengunjungi kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Badung, Bali. (Foto : ANTARA FOTO/Fikri Yusuf).
Wisatawan mengunjungi kawasan Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park di Badung, Bali. (Foto : ANTARA FOTO/Fikri Yusuf).

 Sebelumnya 
“Pariwisata telah menjadi tu­lang punggung ekonomi di Bali. Di masa pandemi, masyarakat diminta mengurangi mobilisasi. Padahal, sektor pariwisata, justru membutuhkan mobilisasi masyarakat,” ujarnya kepada Rakyat Merdeka.

Karena itu, paparnya, sepan­jang 2020, anggota PHRI rata-rata sudah mengalami pengu­rangan karyawan hingga 70 persen. Tahun ini, diharapkan­nya, keadaan membaik seiring dengan suksesnya program vak­sinasi pemerintah.

“Kami sangat membutuhkan vaksinasi Covid-19, agar tenaga kerja maupun konsumen dapat terlindungi dari virus, jadi nggak ada orang takut menginap di hotel,” katanya.

Baca juga : Sabtu, Taman Margasatwa Ragunan Dibuka Lagi

Untuk diketahui, sektor pari­wisata masuk sebagai penerima vaksin Covid-19 tahap kedua. Menurut Maulana, vaksinasi untuk sektor pariwisata itu bagian usulan PHRIkepada pemerintah.

“Mudah-mudahan ini menjadi secercah harapan agar industri di sektor pariwisata yang saat ini sangat terpuruk, dapat bergeliat kembali,” harapnya.

Visa Jangka Panjang

Baca juga : Aparat Junta Militer Geledah Rumah Warga

Rencana membuka pariwisata Bali disampaikan Menteri Sandiaga merespons pelaksanaan vaksinasi massal.

Sandiaga bilang, dengan menurunnya angka pasien Covid-19, maka sudah sewajarnya pihaknya bersiap membuka kembali pariwisata. Khususnya untuk wisatawan mancanegara.

“Namun ini harus dilaku­kan dengan sangat hati-hati. Jangan sampai kita melakukan kesalahan, sehingga penularan Covid-19 ini meningkat kembali. Dan vaksinasi ini ada­lah salah satu faktor utama yang harus dijalankan,” tutur Sandiaga dalam keterangan pers tertulis, Rabu (17/3).

Baca juga : Menteri Sandi Dukung Pengembangan Wisata Dan Pendirian Untara Di Taput

Kemenparekraf juga mengusulkan adanya visa jangka pan­jang atau long term visa bagi turis asing kepada Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham). Visa jangka panjang akan diberikan bagi wisatawan yang ingin tinggal lama di Indonesia, khususnya di Bali, untuk berwisata sambil bekerja. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.