Dark/Light Mode

Vokraf Dan Rumah BUMN Beri Pelatihan UMKM Go Digital

Kamis, 18 Maret 2021 17:39 WIB
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga/Ist
Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui program Rumah BUMN menggandeng platform edukasi daring, Vokraf, untuk memberikan pelatihan digital strategis bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, pelatihan yang didukung sejumlah BUMN seperti Telkom, Bank Mandiri, BRI, BTN, BNI dan Pertamina ini dapat mendorong UMKM untuk bisa mengambangkan bisnis.

“Pelatihan metode online ini sangat baik untuk membantu menjangkau seluruh UMKM binaan Rumah BUMN di seluruh negeri. Kami berharap pelaku usaha bisa mengembangkan bisnisnya lebih besar lagi,” ungkap Arya dalam diskusi.

Dijelaskan Arya, Rumah BUMN merupakan penguatan dari Rumah Kreatif BUMN yang dikembangkan oleh 14 BUMN, dengan tujuan untuk membina para pelaku UMKM sehingga dapat naik kelas.

Baca juga : Rumah Subsidi Tetap Harus Perhatikan Kualitas Hunian

Hingga saat ini terdapat 246 Rumah BUMN yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Rumah BUMN memberi manfaat bagi UMKM dari sisi akses peningkatan kompetensi, pemanfaatan teknologi digital dan permodalan.

“Kami ingin juga UMKM bisa ekspor dan jadi champion. Dan UMKM dilatih agar bisa melahirkan banyak entreprenuership,” tambahnya.

Dia mencatat, Rumah BUMN sudah membantu UMKM dalam memanfaatkan peran teknologi. Rinciannya, UMKM yang sudah mendaftar sebanyak 573 ribu, serta telah mempromosikan produk UMKM lewat media sosial sebanyak 51 ribu.

Dari total tersebut, sudah ada sekitar 9 persen yang sudah go digital atau mendigitalisasi usahanya melalui aplikasi dan sosial media.

Baca juga : PLN Ajak Seluruh Pelanggan Manfaatkan Layanan Digital

“Namun, UMKM masih memerlukan bimbingan dalam hal akses ke pasar yang lebih luas melalui pemanfaatan teknologi,” ungkap Arya.

Sementara, program pelatihan yang bertajuk UMKM GOL merupakan contoh kolaborasi nyata lintas sektor baik pelaku pendidikan, pelaku industri dan pemerintah untuk meningkatkan kapabilitas pelaku UMKM.

“Program pelatihan UMKM GOL akan berlangsung selama dua bulan, mulai awal Maret hingga akhir April 2021. Program berisi belajar mandiri dan webinar oleh para ahli di bidangnya,” ujar CEO Vokraf Fina Silmi Febriyani.

Rangkaian kegiatan belajar mandiri terdiri dari video belajar, assignment (tugas) dan feedback expert (masukan dari ahli).

Baca juga : Dibuka Stagnan, Rupiah Tak Berkutik Lagi Lawan Dolar

Dia juga berharap, UMKM GOL bisa menjadi langkah awal yang baik untuk mendukung terwujudnya salah satu Visi Indonesia 2045, yaitu manusia Indonesia unggul, berbudaya dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.