Dark/Light Mode

Kejar Target Wirausaha 4 Persen

Menteri Teten : Program Relawan Mentor Siapkan UMKM Go Digital

Kamis, 11 Maret 2021 17:59 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) di acara Coffee Talk Menkop UKM dan Lewi Organics sekaligus Pengukuhan 200 Master Mentor SIGAP UMKM di Tangerang, Kamis (11/3). (Foto: Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) di acara Coffee Talk Menkop UKM dan Lewi Organics sekaligus Pengukuhan 200 Master Mentor SIGAP UMKM di Tangerang, Kamis (11/3). (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Model pendampingan oleh mentor kepada UMKM menjadi salah satu cara, agar akselerasi UMKM masuk ke sektor digital segera terwujud. Kementerian Koperasi dan UKM pun mengembangkan konsep volunteer dan mengajak para ahli untuk membantu UMKM.

Upaya ini dilakukan Kemenkop UKM bekerja sama dengan Mastercard Academy 2.0 melalui program MicroMentor Indonesia yang saat ini sukses merekrut 10 ribu pendamping dan menjangkau 40 ribu UMKM.

Baca juga : Menteri Teten: Masih Banyak PR Bangkitkan UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menegaskan, keberadaan mentor bagi UMKM sangat penting mengingat saat ini digitalisasi menjadi keniscayaan agar UMKM bertumbuh.

"UMKM saat ini jadi tumpuan ekonomi di tengah pandemi. Digitalisasi jadi keniscayaan pertumbuhan UMKM kita ke depan. UMKM perlu pendampingan dari mentor agar berkembang lebih cepat," katanya dalam Coffee Talk Menkop UKM dan Lewi' Organics sekaligus Pengukuhan 200 Master Mentor SIGAP UMKM di Tangerang, Kamis (11/3).

Baca juga : Program IDEAL Sudah On Going

Teten menambahkan Indonesia memiliki potensi digital ekonomi yang sangat besar. Bahkan di 2025, value-nya mencapai Rp 1.800 triliun. "Jangan sampai digital market ekonomi kita justru dikuasai asing. UMKM harus jadi tuan rumah di negeri sendiri," tegas Teten.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.