Dark/Light Mode

Sentuh Angka Setengah Juta Pengguna, Domain .id PANDI Pede Jadi Juara ASEAN

Senin, 22 Maret 2021 08:53 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertumbuhan pengguna domain .id mengalami kenaikan yang positif. Dalam periode 2012 hingga 2020, pertumbuhan Nama Domain .id tercatat sebanyak 351 persen. Bahkan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) selaku pengelola domain .id menyebutkan pada tanggal 25 Februari 2021 pengguna domain .id menyentuh angka 500.000.

Data PANDI menyebut bahwa dari 13 jenis domain .id yang dikelola, peringkat domain terbanyak masih dipegang oleh ~.id dengan raihan 193.280, kemudian ada .co.id dengan 109.943 dan disusul oleh .my.id dengan 99.855.

Baca juga : LPS Pangkas Tingkat Bunga Penjaminan Jadi 4,25 Persen

Deputi Bidang Pengembangan Bisnis, Marketing dan Kerjasama Gunawan Tyas Jatmiko menuturkan bahwa raihan setengah juta pengguna domain .id bukan perkara mudah. Karenanya diperlukan strategi pemasaran yang tepat dalam memasarkan domain .id.

"Ada 7 poin inti, yg menjadi kunci keberhasilan kita sejauh ini, diantaranya adalah, memudahkan syarat pendaftaran untuk nama domain .id dan my.id, lalu memperluas channel pemasaran di dalam dan luar negeri," ujar Gunawan.

Baca juga : Sempat Dicoret, Akhirnya Eva Dan Deddy Jadi Juara

Selain itu menurunkan harga nama domain .my.id, menjadi nama domain paling murah di Indonesia yang mana hal ini memberikan dampak paling signifikan terhadap pertumbuhan Nama Domain .id secara akumulatif.

Gunawan menambahkan poin inti lain adalah memberikan penetapan batas harga terendah atau Harga Eceran Terendah (HET) kepada mitra penjualan dalam hal ini Registrar untuk menghindari perang harga dan sekaligus memberikan margin harga jual yang menarik sehingga para mitra semangat dalam menjual nama domain .id.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.