Dark/Light Mode

2 Tangki Berhasil Dipadamkan, Pertamina Terus Jinakkan Si Jago Merah

Rabu, 31 Maret 2021 08:39 WIB
Tim HSSE Fireman saat bertugas melakukan pemadaman Tangki T-301 di Kilang Pertamina Balongan RU VI, Indramayu, Jawa Barat pada Selasa (30/3). (Foto: Humas Pertamina)
Tim HSSE Fireman saat bertugas melakukan pemadaman Tangki T-301 di Kilang Pertamina Balongan RU VI, Indramayu, Jawa Barat pada Selasa (30/3). (Foto: Humas Pertamina)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah mengerahkan seluruh sumber daya dan mengoptimalkan penanganan insiden kebakaran 4 tanki di area T-301 Kilang Balongan, PT Pertamina (Persero) berhasil memadamkan api di 1 tanki pada Rabu (31/3) sekitar pukul 01.30 WIB dini hari. Disusul 1 tanki lagi sekitar pukul 06.44 WIB. Sedangkan 2 tanki lainnya, masih terus dilakukan fire fighting alias upaya pemadaman. 

"Alhamdulillah, dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu api di tanki T-301 H dan T-301 E. Dua tanki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih terus kita kerahkan," ungkap Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina, Agus Suprijanto dalam keterangannya, Rabu (31/3).

Baca juga : Sidang Rizieq Lanjut Selasa Depan, Agenda Putusan Sela

Agus menambahkan, pengaturan orientasi peralatan fire fighting sudah dilakukan. Proses fire fighting  segea dimulai kembali, setelah peralatan on position, dengan sasaran 2 tanki yang masih terbakar, yaitu T-301F dan T-301G.

Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi.

Baca juga : Risma Acungi Jempol Pertamina Gercep Bantu Korban Kilang Balongan

Pada awal kejadian, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301, di mana terdapat 4 tanki penyimpanan BBM.

Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan foam ke Perimeter Bundwall dan pusat nyala api, serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran, yang terdiri dari mobil Damkar Pertamina Group dan Pemda setempat.

Baca juga : Kilang Balongan Terbakar, Pertamina Tekor 400 Ribu Barel BBM

"Pertamina tetap fokus memadamkan api di 2 Tanki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling," pungkas Agus. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.