Dark/Light Mode

Percepat Bio Farma Salurkan Vaksin, ADB Beri Pinjaman Indonesia Rp 6.55 Triliun

Rabu, 31 Maret 2021 19:10 WIB
Petugas menurunkan envirotainer berisi vaksin COVID-19 setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (25/3). (Foto: Youtube/Sekretariat Presiden)
Petugas menurunkan envirotainer berisi vaksin COVID-19 setibanya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (25/3). (Foto: Youtube/Sekretariat Presiden)

 Sebelumnya 
Pandemi ini telah berdampak signifikan terhadap penghidupan, terutama bagi kelompok miskin dan rentan. "Sekitar 30 juta orang di Indonesia kehilangan pekerjaan atau mengalami pemotongan jam kerja, sehingga mengakibatkan naiknya angka kemiskinan," sebut Asakawa.

Baca juga : Panin Cetak Laba Bersih Rp 3,12 Triliun

RECOVER merupakan kelanjutan dari serangkaian bantuan ADB pada Indonesia untuk mengatasi tantangan pandemi. Sebelumnya ADB telah meyediakan hibah Asia Pacific Disaster Response Fund senilai 3 juta dolar AS, yang disetujui pada April 2020 yang membantu Kementerian Kesehatan menyalurkan peralatan dan pasokan medis penting serta pinjaman Program Covid-19 Active Response and Expenditure (CARES) senilai 1,5 miliar dolar AS sebagai dukungan anggaran bagi bantuan kesehatan masyarakat, sosial, dan ekonomi yang mendesak.

Baca juga : Perkuat Imun Karyawan, Brantas Abipraya Berikan Vaksin Flu dan pneumonia

Program CARES ini dibiayai bersama oleh Department of Foreign Affairs and Trade Australia, Japan International Cooperation Agency, kerja sama pembangunan Jerman melalui KfW, dan Asian Infrastructure Investment Bank.

Baca juga : Jamkrindo Dan Jamsyar Beri Penjaminan Hingga Rp 12,02 T

"ADB juga telah menyediakan dukungan pengetahuan yang memberi pemerintah beragam opsi untuk merespons pandemi serta strategi peluncuran vaksin," pungkas Asakawa. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.