Dark/Light Mode

Pelindo I Dumai Layani Ekspor Petikemas Ke Malaysia

Kamis, 1 April 2021 10:34 WIB
Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo I Cabang Dumai mulai melayani ekspor petikemas berskala internasional melalui Pelabuhan Dumai, Riau. 

General Manager Pelindo 1 Dumai, Jonedi Ramli mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung kelancaran kegiatan bongkar muat petikemas di Pelabuhan Dumai. Baik dari sisi container yard (lapangan penumpukan peti kemas) serta peralatan bongkar muat yang selalu siap pakai disertai dengan operator yang kompeten dan handal.

Baca juga : Kemlu Baru Dapat Akses Ke WNI Terduga Teroris Di Malaysia

"Kami telah melakukan ekspor perdana dengan mengirim 25 box petikemas ke Port Klang, Malaysia melalui Dermaga C Pelabuhan Dumai pada Minggu (28/3). Semuanya berjalan lancar sesuai yang diharapkan," ujar Jonedi, melalui siaran pers, Rabu (31/3).

Menurutnya, dalam kegiatan pemuatan peti kemas ini, pihaknya bekerja sama dengan PT Segara Mitra Abadi sebagai agen dari MIT Cargo (Pvt) Ltd. Ia menjelaskan, pemindahan petikemas dari trailer ke tongkang BG BH 2 menggunakan shore crane Sennebogen berkapasitas 45 ton.

Baca juga : KKP Melepas Ekspor Mutiara Lombok Ke China

Jonedi berharap, kegiatan perdana ekspor petikemas ke jalur internasional ini menjadi titik awal kesinambungan kegiatan ekspor dan impor petikemas di Pelindo 1 Dumai. "Layanan ini diharapkan akan makin mendongkrak kinerja Pelindo 1 Dumai yang sebelumnya hanya melayani kegiatan bongkar muat curah cair, curah kering serta jasa penundaan dan pemanduan kapal," ungkapnya.

Terkait bisnis marine service, sambung dia, Pelindo 1 Dumai juga telah melakukan peningkatan kerjasama di wilayah Lubuk Gaung dengan perusahaan pelayaran dan Pemilik Terminal Khusus. Serta, mengoptimalkan peluang-peluang bisnis baru melalui kerjasama dengan pemilik terminal dan agen terkait. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.