Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tol Laut, Andalan Transportasi Murah Di Perbatasan Indonesia Dan Malaysia

Jumat, 12 Maret 2021 11:08 WIB
Tol Laut, mampu mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal. (Foto: Humas Hubla)
Tol Laut, mampu mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal. (Foto: Humas Hubla)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak diluncurkan tahun 2015 sebagai salah satu program unggulan pemerintah, Tol Laut terus menjadi andalan masyarakat karena tarifnya yang murah. Termasuk di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara yang merupakan wilayah perbatasan antara Indonesia dan Malaysia.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Nunukan, Capt. Yohanis Tedang mengatakan, Pelabuhan Nunukan merupakan pintu masuk untuk memenuhi kebutuhan pokok dan bahan bangunan bagi masyarakat di perbatasan Kalimantan Utara, Indonesia dengan Malaysia.

Selama ini, sebagian besar kebutuhan masyarakat di pulau-pulau yang berada di wilayah kabupaten Nunukan berasal dari Tawao, Malaysia.

"Tol Laut yang disiapkan oleh pemerintah, sangat membantu kebutuhan masyarakat di perbatasan. Khususnya di Kabupaten Nunukan, yang bersebelahan langsung dengan Malaysia," ujar Tedang, Jumat (12/3).

Baca juga : Ciptakan Transportasi Terintegrasi, MRT Dapat Penghargaan Dubes Jepang

Jadwal dan rute yang teratur serta tarif yang murah karena ada subsidi, membuat Tol Laut semakin diminati alasan masyarakat sekitar. Baik itu untuk menerima kiriman (consignee) maupun mengirimkan (shipper/shipping) produk mereka.

"Tol Laut lebih ekonomis, sehingga dapat memangkas biaya logistik, yang akhirnya membuat harga menjadi lebih murah dan terjangkau," jelas Tedang.

Menurutnya, para pedagang di Nunukan juga sangat terbantu dengan adanya Tol Laut. Karena mereka dapat mengirimkan produk-produk yang mereka hasilkan, ke pasar yang menguntungkan.

"Produk mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak hanya beredar di dalam pulau, atau sekitar situ saja. Otomatis, ada peningkatan juga dari segi finansial mereka," terang Tedang.

Baca juga : Pegadaian Beri Kemudahan Bagi Masyarakat yang Ingin Daftar Haji

Semula, Tol Laut di Nunukan hanya ada satu rute saja dengan tujuan Makassar. Namun, karena banyaknya potensi produk unggulan di daerah tersebut, tahun ini rute Tol Laut bertambah dengan tujuan Pulau Jawa melalui pintu masuk Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya.

Barang yang dibawa melalui Tol Laut menuju Nunukan antara lain meliputi bahan bangunan, kayu, besi, semen, mie, tepung, air meneral dan ada juga muat pakan ayam, dan kebutuhan pokok lainnya. Sementara produk unggulan yang dikirimkan dari Nunukan adalah rumput laut dan produk lokal lainnya.

"Ada dua kapal yang beroperasi ke wilayah Nunukan yakni KM Kendhaga Nusantara 6 pelabuhan asal Makassar dan KM Kawas Mas, pelabuhan asal Tanjung Perak Surabaya," tutupnya.

Tol Laut merupakan program pengangkutan logistik laut untuk menghubungkan pelabuhan-pelabuhan di nusantara, yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut.

Baca juga : Luhut: Ekonomi Digital Indonesia Ungguli Singapura dan Malaysia

Tol Laut ditujukan untuk mengurangi disparitas harga antar wilayah, antar pulau, antar daerah serta memangkas biaya logistik yang mahal. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.