Dark/Light Mode

Mitsubishi Targetkan 90 Ribu Mobil Laku Terjual Tahun Ini

Selasa, 6 April 2021 18:30 WIB
Mitsubihi Xpander. (Foto: ist)
Mitsubihi Xpander. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menargetkan bisa jual 90 ribu unit pada tahun ini. Hal ini seiring dengan mulai pulihnya pasar otomotif Indonesia.

“Dari target tersebut, 60.000 unit mobil penumpang dan 30.000 unit segmen kendaraan niaga ringan,” ujar Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro, dalam acara media gathering 2021 yang digelar secara virtual, Selasa (6/4).

Kepercayaan diri Mitsubishi muncul juga karena adanya kebijakan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 0 persen untuk kendaraan bermotor di bawah 1.500 cc. Nah, model Xpander dan Xpander Cross masuk dalam jajaran mobil yang dapat diskon tersebut.

Baca juga : Menperin Targetkan Produksi Mobil Listrik Tembus 600 Ribu Unit Pada 2030

Irwan menjelaskan penjualan Xpander dan Xpander Cross pada tahun lalu rata-rata di kisaran 2.100 unit hingga 2.200 unit karena terdampak pandemi. Lantas, di Maret 2021 setelah diberlakukan PPnBM 0 persen rata-rata penjualan dua unit ini naik sekitar 4.500 pe rbulan.

"Jadi kalau dibandingkan dengan tahun lalu, naik dua kali lipat. Kami melihat sangat positif ke depannya dan akan terus mengoptimalkan kesempatan relaksasi PPnBM ini," tegas Irwan.

Salah satu strategi yang disiapkan Mitsubishi untuk mencapai target tersebut adalah dengan meluncurkan produk-produk baru dan penyegaran produk. “Hal ini juga dilakukan agar MMKSI dapat memperkuat lini penjualan dan mencapai target yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Baca juga : Fuso Targetkan Pangsa Pasar 48,1 Persen Tahun Ini

Sementara penjualan tahun lalu, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi berhasil menjual 54,768 unit. Dari total penjualan tersebut, 34.504 unitnya kendaraan penumpang. 

Mulai dari Xpander, Xpander Cross, Pajero Sport, Eclipse Cross, dan Outlander PHEV. Jumlah tersebut terkoreksi 57,2 persen dibanding tahun sebelumnya karena daya beli dan situasi pasar akibat pandemi Covid-19.

Sisanya, sebanyak 20.264 unit merupakan kendaraan niaga. Yang terdiri dari Triton, L300 dan T-120SS. Penjualan tersebut terkoreksi 47 perssn dibandingkan tahun sebelumnya. Secara total, angka penjualan kendaraan Mitsubishi Motors di Indonesia terkoreksi 55.4 persen.

Baca juga : Mitsubishi Resmikan Bengkel Bodi Dan Cat Ketiga Di Kalimantan

Menurut Irwan, beberapa model kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi berhasil menjaga posisi pasar. Xpander (termasuk Xpander Cross) meraih pangsa pasar 24,1 persen di segmen small-MPV, L300 menjadi pemimpin pasar di kelas Pick-Up & Van Small dengan pangsa pasar 60.6 persen.

Kemudian, Triton menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,6 persen. Dan, Pajero Sport menjadi pemimpin segmen di kelas 4x4 dengan pangsa pasar 53,2 persen. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.