Dark/Light Mode

Resmikan Ina Fashion Smesco Online Expo 2021, Menteri Teten Dorong Usaha Fesyen Bangkit

Rabu, 21 April 2021 17:12 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) saat hadir di Pameran virtual InaFashion Smesco Online Expo. (Foto: Dok. Kemenko UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (tengah) saat hadir di Pameran virtual InaFashion Smesco Online Expo. (Foto: Dok. Kemenko UKM)

 Sebelumnya 
Saat ini, lanjut Teten, acara seperti InaFashion menjadi sangat penting menjadi alternatif untuk mendongkrak penjualan produk UMKM fesyen. Bahkan, menjadi penting bagi industri nasional. “Kami ingin dari Smesco menjadi warehouse produk UMKM. Saatnya sekarang kita mulai kembali menampilkan produk lokal," imbuhnya.

Selain itu, tambah Teten, pihaknya tengah menyiapkan skema pembiayaan yang memungkinkan UMKM bisa meningkatkan kapasitas produksi. Pemerintah tengah menyiapkan skema baru pembiayaan untuk mempercepat UMKM naik kelas.

Baca juga : Menteri Teten: Program PEN 2021 Masih Sangat Dibutuhkan

Kemenkop UKM menargetkan rasio kewirausahaan Indonesia pada 2021 sebesar 3,55 persen dan 3,94 persen di tahun 2024 melalui penciptaan wirausaha muda atau milenial yang inovatif, berkelanjutan, dan menciptakan lapangan pekerjaan dalam satu ekosistem.

Ketua Hippindo Budihardjo Iduansjah berharap, dengan pameran ini pelaku usaha dapat memanfaatkan teknologi yang ada sebaik mungkin selama pandemi untuk meningkatkan penjualannya secara digital dan memperluas jaringan bisnisnya hingga ke mancanegara.

Baca juga : Rusia Dan Indonesia Makin Mesra Di Tengah Pandemi

“Pameran online inaFashion Smesco Online Expo 2021 merupakan salah satu terobosan untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional, Bangga Buatan Indonesia, Hari Konsumen Nasional, dan untuk memperingati Hari Kartini,” kata Budihardjo.

Pameran ini juga merupakan solusi di mana menjelang Lebaran terdapat larangan mudik. Di pameran ini, UKM di seluruh Indonesia tidak perlu datang ke Jakarta, tapi cukup datang ke pameran ini untuk membeli bahan-bahan baku yang diperlukan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.