Dark/Light Mode

Naik Turun, Rupiah Seperti Roller Coaster

Jumat, 23 April 2021 10:16 WIB
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)
Rupiah dan dolar AS. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah menguat kemarin, pagi ini rupiah kembali loyo. Nilai tukar rupiah pagi ini dibuka kembali melemah 0,03 persen di level Rp 14.525 per dolar AS, dibandingkan dengan penutupan kemarin di level Rp 14.520 per dolar AS. Rupiah seperti roller coaster.

Pergerakan mata uang Asia cenderung bervariasi, namun mayoritas melemah terhadap dolar AS. Won Korea Selatan turun 0,10 persen dan baht Thailand melemah 0,08 persen, dolar Hong Kong minus 0,01 persen dan ringgit Malaysia turun 0,005 persen persen.

Baca juga : Menguat Lagi, Rupiah Gilas Dolar

Indeks dolar AS terhadap mata uang utama lainnya naik 0,2 persen menjadi 91.303. Sementara nilai tukar rupiah terhadap euro melemah 0,17 persen ke level Rp 17.445, terhadap poundsterling Inggris melemah 0,26 persen ke level Rp 20.111, dan terhadap dolar Australia minus 0,30 persen ke level Rp 11.202.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim Assuaibi memperkirakan, nilai tukar rupiah akan bergerak fluktuasi sepanjang hari ini, di rentang Rp 14.500- Rp 14.540.    

Baca juga : Hari Kedua Puasa, Rupiah Masih Lemes

Menurut Ibrahim, sentimen dari luar negeri datang dari dolar AS yang menerima beberapa kelonggaran seiring dengan gejolak infeksi virus Covid-19, terutama di India, memperburuk prospek pemulihan global yang cepat. 

“Meski demikian, sentimen tetap lemah dengan imbal hasil obligasi AS yang jatuh, mengurangi daya tarik imbal hasil mata uang,” ujarnya, Jumat (23/4).

Baca juga : Kasihan, Rupiah Loyo Sendirian Lawan Dolar AS

Imbal hasil US Treasury dengan tenor 10-tahun terakhir terpantau pada level 1,56 persen, tidak jauh dari level terendah sejak pertengahan Maret, karena terus berkonsolidasi setelah mundur dari level tertinggi 14-bulan di 1,78 persen yang dicapai pada akhir bulan lalu. 

“Pasar terlihat mulai berubah pikiran tentang pengetatan awal kebijakan moneter AS,” jelasnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.