Dark/Light Mode

Naik Tipis, Cadev RI Tembus Rp 1.982,5 triliun.

Jumat, 7 Mei 2021 10:53 WIB
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)
Gedung Bank Indonesia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi cadangan devisa Indonesia akhir April 2021 sebesar 138,8 miliar dolar AS. Jika di rupiahkan nilainya mencapai Rp 1.982,5 triliun.

Angka ini tumbuh dibandingkan dengan posisi akhir Maret 2021 sebesar 137,1 miliar dolar AS atau Rp 1.958,2 triliun. Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,0 bulan impor atau 9,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. 

Baca juga : Hadapi Lebaran, BRI Siapkan Kas Rp 36,7 Triliun

“BI menilai, cadangan devisa ini mampu mendukung ketahanan sektor eksternal, serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan,” jelas Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Jumat (7/5).

Peningkatan posisi cadangan devisa pada April 2021 terutama dipengaruhi oleh penerimaan pajak dan jasa serta penarikan pinjaman luar negeri pemerintah.  

Baca juga : Mantul, Selama Pandemi, Telkom Kantongi Laba Bersih Rp 20,8 Triliun

Ke depan, bank sentral memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.