Dark/Light Mode
BREAKINGNEWS
Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU
BNI Catat Nilai Transaksi Mobile Banking Maret Tembus Rp 138 T
Jumat, 7 Mei 2021 12:45 WIB
RM.id Rakyat Merdeka - Sekitar 80 persen volume transaksi nasabah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, telah dilakukan secara digital. Sementara 20 persennya masih dilakukan secara konvensional. Jumlah ini kian meningkat saat pandemi Covid-19.
Hal ini mendorong jumlah pengguna BNI Mobile Banking yang tumbuh 58,4 persen atau mencapai 8,56 juta dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu. Dengan nilai transaksi mencapai Rp 138 triliun pada Maret 2021 atau tumbuh 33,2 persen secara tahunan (year on year/yoy).
Direktur Teknologi Informasi dan Operasi BNI, YB Hariantono merincikan, jumlah transaksi yang dilakukan melalui BNI Mobile Banking mencapai 95 juta pada kuartal I- 2021 atau meningkat 50,4 persen dibandingkan kuartal I-2020 yang mencapai 63 juta transaksi.
"Tingginya animo pengguna BNI Mobile Banking didorong oleh fitur-fitur terbaru yang diluncurkan untuk melengkapi layanan di dalamnya. Ini yang menjadi pendorong kemudahan nasabah," jelasnya dalam konferensi pers dan buka puasa bersama secara virtual, Kamis (6/5) malam.
Beberapa di antaranya seperti Biometric Login, pembukaan rekening secara digital dengan fitur pengenalan wajah atau face recognition, peminjaman dana, pengelolaan tagihan kartu kredit, pengembangan e-wallet, hingga pengembangan QR payment.
Baca juga : Pantau Pengendalian Transportasi, Kemenhub Bikin Posko Terpadu
Peningkatan juga terjadi pada platform digital transactional banking atau BNIDirect, yang menawarkan solusi terintegrasi untuk layanan Payment Management, Collection Management, Liquidity Management, Value Chain Management, hingga Open Banking Solution.
Hingga Maret 2021, jumlah nasabah cash management BNI mencapai lebih dari 72 ribu, meningkat 24 persen dibandingkan tahun sebelumnya, dengan volume transaksi di tiga bulan di 2021 mencapai Rp 968 triliun, yang meningkat 22,7 persen tahun 2020.
BNI juga memiliki platform digital lainnya guna mendukung transaksi online untuk nasabah, seperti Garansi Bank Online dan Financial Supply Chain Management sebagai platform digital untuk proses pada Garansi Bank dan Supply Chain Financing.
Direktur Layanan dan Jaringan BNI, Ronny Venir menambahkan, tingginya transaksi lewat digital memang mendorong perubahan bisnis bank. Bahkan ia menyebut, BNI bakal merelokasi hingga menutup 96 outlet atau kantor cabang tahun ini.
"Karena transaksi perbankan sudah bisa dilakukan di-serve dengan jaringan digital, tak perlu lagi datang ke cabang. Tahun ini akan menutup sekitar 96 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia," imbuhnya.
Baca juga : Tercatat Di BEI, Bank Mantap Terbitkan Obligasi Rp 2 Triliun
Saat ini, sambungnya, nasabah lebih suka menggunakan BNI SONIC (Self Service Opening Account) untuk melakukan berbagai transaksi, termasuk pembukaan rekening.
Dengan berkurangnya transaksi ini, kita mengurangi jumlah teller yang sudah dialihkan ke mesin. "Ini kita terus lakukan, shifting ke layanan digital ini pikir dapat mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi perbankan," ujarnya.
Siapkan Uang Tunai Rp 12,9 Triliun
Jelang Idul Fitri 1442 H, BNI juga telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 12,9 triliun. Dengan jumlah uang tunai tersebut, BNI memperkirakan akan dapat memenuhi kebutuhan yang berpotensi meningkatkan selama Ramadan hingga liburan Lebaran tahun ini.
Menurut Hariantono, perseroan akan mengalokasikan uang tunai tersebut untuk memenuhi kebutuhan dana pada mesin-mesin ATM BNI, yang diperhitungkan mencapai sebesar Rp 8,57 triliun.
Baca juga : Transaksi Mobile Banking BNI Tembus Rp 138 Triliun
“Uang tunai tersebut juga akan menutup tambahan kebutuhan uang tunai di outlet-outlet kami. Di mana pada musim Libur Lebaran kali ini diperkirakan mencapai Rp 4,34 triliun,” katanya.
Salah satu, produk digital yang menjadi andalan adalah BNI Mobile Banking. Sebagai product champion BNI saat ini, BNI Mobile Banking dilengkapi fitur yang dapat memudahkan masyarakat dalam berbagi berkah pada momen sebesar Hari Raya Idul Fitri. Masyarakat dapat menggunakan fitur TRANSFER, dimana mereka dapat mengirimkan uang baik ke sesama rekening BNI ataupun ke rekening bank lain.
Selain itu, masyarakat juga dapat berbagi dengan melakukan pembayaran Ziswaf (Zakat, Infaq, Shadaqah dan Wakaf) melalui fitur Pembayaran di BNI Mobile Banking. Terdapat juga fitur baru yaitu DiKado dimana masyarakat dapat berbagi dengan mengirimkan digital kado yang disertai dengan kartu ucapan. [DWI]
Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News
Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Tags :
Berita Lainnya