Dark/Light Mode

Transaksi Zakat Maal di Tokopedia Melonjak 3 Kali Lipat

Senin, 10 Mei 2021 23:15 WIB
Foto: Net
Foto: Net

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepercayaan publik untuk membayar zakat lewat platform online kian meningkat. Buktinya, Tokopedia mencatat adanya kenaikan transaksi zakat maal dan donasi selama Ramadan di platform tersebut.

"Selama Ramadan 2021, nilai transaksi Zakat Maal meningkat hampir tiga kali lipat, sedangkan jumlah transaksi Donasi meningkat lebih dari tiga kali lipat jika dibandingkan dengan periode sebelum Ramadan," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Senin (10/5).

Total nilai transaksi donasi dan zakat maal di Tokopedia, dibeberkannya, mencapai lebih dari Rp 3 miliar. Zakat dari pengguna Tokopedia ini secara berkala disalurkan kepada sesama yang membutuhkan oleh berbagai lembaga terpercaya yang terhubung dengan platform tersebut.

Baca juga : Transmigrasi Salah Satu Solusi Atasi Konflik Papua

Selain zakat, Tokopedia juga menghadirkan sederet fitur lain di Tokopedia Salam yang dapat dimanfaatkan untuk berbagi kebaikan, seperti fitur Fidyah, Kotak Amal, Qurban hingga Wakaf Uang.

Selain berbagi kebaikan, masyarakat juga bisa beribadah lewat genggaman tangan dengan fitur Al-Qur’an Digital dan Jadwal Sholat yang dapat diakses melalui Tokopedia Salam.

"Sejak pertama kali diluncurkan, pengguna aktif bulanan Jadwal Sholat di Tokopedia meningkat hampir 12x lipat. Sedangkan pengguna aktif bulanan Al-Quran Digital melonjak lebih dari 35 kali lipat," beber Ekhel.

Baca juga : Osaka Ngarep Pecah Telur Di Tanah Liat

Tokopedia melalui Tokopedia Salam merupakan solusi dari hulu ke hilir, mulai dari ketersediaan produk dan layanan, hingga pembayaran, bagi masyarakat.

Selain itu, guna memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mempererat silaturahmi di tengah pandemi dengan aman, Tokopedia juga menghadirkan Paket Selamat yang menawarkan diskon hingga 50 persen untuk berbagai produk digital, seperti pulsa, paket data, voucher gim dan streaming hingga pembayaran listrik PLN.

"Melalui sederet inisiatif ini diharapkan dapat menyediakan akses lebih luas bagi lebih banyak masyarakat Indonesia agar bisa turut membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat lainnya sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia secara digital," tandasnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.