Dark/Light Mode

Tinjau Pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang, Jokowi Harap Mobilitas Di Riau Makin Cepat 

Rabu, 19 Mei 2021 11:35 WIB
Presiden Jokowi meninjau pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang, di Kabupaten Kampar, dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Riau, Rabu (19/5). (Foto: Setpres)
Presiden Jokowi meninjau pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang, di Kabupaten Kampar, dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Riau, Rabu (19/5). (Foto: Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi meninjau pembangunan Tol Pekanbaru-Bangkinang, di Kabupaten Kampar, dalam rangkaian kunjungan kerjanya ke Riau, Rabu (19/5). Jalan tol sepanjang 40 kilometer ini merupakan salah satu seksi dari ruas Tol Pekanbaru-Padang, yang termasuk ke dalam jaringan Tol Trans Sumatera

“Ini berada di sirip Pekanbaru-Bangkinang dan nanti ke arah Padang. Sudah berjalan kurang lebih 40 kilometer, dan kita harapkan progresnya makin hari makin panjang,” ujar Jokowi, seperti dikutip setkab.go.id.

Baca juga : Curi Start Mudik Sudah Terjadi Di Mana-mana

Sampai saat ini, proses pembebasan lahan yang diperlukan untuk pembangunan jalan tol seksi ini telah mencapai 60,70 persen. Sementara, untuk proses konstruksi telah mencapai 65,60 persen. Pembangunan ini ditargetkan selesai pada Desember 2021. Pengerjaan pembangunan ruas tol ini ini dilakukan dengan melibatkan subkontraktor lokal dan juga program padat karya tunai yang mampu menyerap sekitar 5.800 orang tenaga kerja. 

Kepala Negara mengharapkan, dengan semakin banyaknya ruas jalan tol yang beroperasi akan semakin meningkatkan kecepatan pergerakan arus barang dan manusia antardaerah di Tanah Air. “Sekali lagi, dengan terbukanya banyak ruas-ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang, mobilitas orang bisa dipercepat, dan kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain,” ujar Jokowi. 

Baca juga : Bidan Ujung Tombak Upaya Tekan Stunting, Harus Tingkatkan Literasi Gizi Masyarakat

Secara khusus, Jokowi juga berharap dengan beroperasinya ruas Tol Pekanbaru-Padang ini nantinya akan dapat meningkatkan mobilitas dan daya saing produk yang dihasilkan oleh Riau dan Sumatra Barat. “Nantinya akan memiliki daya saing yang baik, terutama dalam rangka bersaing dengan produk-produk dari negara-negara lain,” tandasnya. 

Jokowi datang ke lokasi didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Gubernur Riau Syamsuar. Selain itu, hadir juga Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.