Dark/Light Mode

Tampung Hasil Nelayan, BGR Logistics Siapkan Mobile Cold Storage

Rabu, 26 Mei 2021 18:33 WIB
Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo (kanan) memperlihatkan mobile cold storage. (Foto: ist)
Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo (kanan) memperlihatkan mobile cold storage. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics memiliki mobile cold storage yang berada BGR Logistics Divre Pangkal Pinang untuk menyimpan komoditi ikan nelayan lokal. 

Direktur Utama BGR Logistics M. Kuncoro Wibowo mengatakan, penyediaan mobile cold storage ini merupakan realisasi dari perjanjian kerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah Bangka Belitung yang telah ditandatangani sebelumnya. 

Menurut Kuncoro, ini juga sebagai respon cepat perseroan dalam wujud nyata kolaborasi dengan Pemprov Bangka Belitung untuk membantu UMKM dan masyarakat dalam beberapa hal, termasuk terkait ketahanan pangan di Bangka Belitung.

Baca juga : Penuhi Stok Pangan, BGR Logistics Luncurin WP Grosir

"Mobile cold storage ini dipergunakan untuk menyimpan komoditi ikan segar dan hasil laut lainnya dari nelayan di Bangka Belitung," ujarnya, melalui siaran pers, Rabu (26/5).

Dengan begitu, hasil laut para nelayan mendapatkan kepastian pasar dan bisa didistribusikan kembali kepada masyarakat melalui aplikasi Warung Pangan. 

Menurutnya, selain hasil laut dari Nelayan setempat, mobile cold storage ini juga untuk menampung komoditi pangan dari BUMN Klaster Pangan seperti PT RNI (Persero), PT Berdikari (Persero), PT PPI (Persero), Perum Perindo, PT Perinus (Persero), PT Pertani (Persero), PT Garam (Persero), dan PT Sang Hyang Seri (Persero) yang membutuhkan ruang penyimpanan berpendingin.

Baca juga : Kampung Teras Pancasila Aktif Libatkan Pemuda

Selain itu, Pemprov Bangka Belitung juga menyediakan food kios yang akan bergabung menjadi mitra warung pangan. "Tujuannya, agar semakin banyak mitra warung pangan yang dekat dengan masyarakat untuk mempermudah mereka mendapatkan stok kebutuhan pangan termasuk komoditi ikan segar dan komoditi pangan lainnya dengan mudah dan harga yang stabil," terangnya. 

Ia menilai, dengan adanya mobile cold storage ini, maka sinergi antara BGR Logistics dengan Pemprov Bangka Belitung dapat ditingkatkan. Apalagi, komoditi ikan segar hasil dari BUMD Bangka Belitung dapat diserap yang berdampak positif kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Bangka Belitung. 

Nantinya, kegiatan komoditas lokal di Provinsi Bangka Belitung juga dapat dioptimalkan menjadi komoditas ekspor yang dapat menghasilkan devisa, sekaligus nilai tambah bagi masyarakat Bangka Belitung.

Baca juga : Tahun Depan, BMW Masukkan Tiga Mobil Listrik

"Ke depannya, mobile cold storage ini akan ada juga di wilayah-wilayah persebaran warung pangan lainnya untuk menjaga stok dan stabilisasi harga komoditi yang membutuhkan penyimpanan berpendingin di wilayah-wilayah tersebut," tandasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.