Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung Ekonomi Syariah,

Pegadaian Gandeng IPEMI Kembangkan Keagenan

Jumat, 28 Mei 2021 20:04 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pegadaian (Persero) menggandeng Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) untuk memperluas pasar ekonomi Syariah melalui penyediaan produk dan layanan dengan pemberdayaan anggota IPEMI sebagai Agen Pegadaian Syariah.

Direktur Jaringan, Operasi dan Penjualan Pegadaian Damar Latri Setiawan mengatakan, kolaborasi kedua lembaga ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS). 

"Rencananya, kerja sama ini mencakup penyediaan layanan produk, monitoring dan evaluasi terhadap anggota IPEMI yang bergabung menjadi agen Pegadaian Syariah," ujar Damar, di Jakarta, kemarin. 

Baca juga : Indonesia Vs Oman, Garuda Seimbangkan Bertahan Dan Menyerang

Tak hanya itu, manfaat lainnya dalam kerja sama ini juga berfokus pada penyediaan fasilitas promo atas layanan dan produk Pegadaian. Ia meyakini, dengan jaringan luas yang dimiliki IPEMI di 34 Provinsi, ditambah outlet Pegadaian akan memberikan manfaat dan keuntungan yang merata bagi kedua belah pihak.

"Di satu sisi, membantu Pegadaian memperluas target pasar dan jangkauan nasabah Pegadaian, sementara bagi IPEMI seluruh anggotanya yang mayoritas pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) akan mendapatkan penghasilan tambahan," terangnya. 

Senada dengan Ketua Umum IPEMI, Ingrid Kansil, bahwa kerja sama ini memiliki nilai strategis yang akan memberikan efek positif bagi anggota IPEMI. Pasalnya, sekitar 70 persen anggota IPEMI adalah pelaku UMKM yang terdampak pandemi Covid-19. 

Baca juga : Supaya Ekonomi Nasional Cepat Pulih, Airlangga Minta Pengawasan Intern Digenjot

Sehingga, melalui kerja sama ini selain memperoleh kemudahan untuk menggunakan ragam produk Pegadaian, para anggota yang bergabung dalam keagenan juga berkesempatan memperoleh penghasilan tambahan.

“Melalui keagenan Syariah, produk-produk Pegadaian bisa dipasarkan secara langsung oleh para anggota IPEMI, sehingga fee yang nantinya diperoleh dapat menambah penghasilan bagi anggota kami,” ungkapnya. 

Untuk itu, pihaknya turut mendukung konsep ekonomi syariah sebagai program nasional dan diharapkan dapat segera dilakukan pembinaan untuk seluruh anggota IPEMI yang tersebar di 34 Provinsi dan 340 Kabupaten atau Kota.

Baca juga : Gubernur Khofifah Gandeng PKS Bangun Jawa Timur

Untuk diketahui, hingga saat ini tercatat lebih dari 900 perusahaan yang telah bersinergi dengan Pegadaian, di antaranya BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), swasta, asosiasi, perguruan tinggi, maupun instansi lainnya. 

Hal yang dilakukan yakni untuk memperluas jangkauan pelayanan sehingga mempermudah masyarakat dalam mengakses produk dan layanan Pegadaian. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.