Dark/Light Mode

PLN Listriki 100 Persen Wilayah Bengkulu

Rabu, 24 April 2019 20:01 WIB
Pekerja PLN sedang menambah jaringan listrik. (Foto: PLN)
Pekerja PLN sedang menambah jaringan listrik. (Foto: PLN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Upaya mengejar ketertinggalan Provinsi Bengkulu dari sektor kelistrikan dijawab tuntas dengan dilaksanakannya Peresmian Desa berlistrik yaitu Desa Tanjung Aur Kecamatan Maje Kabupaten Kaur. Hal ini sekaligus menandai pencapaian 100 persen Rasio Desa Berlistrik di Provinsi Bengkulu.

Bertempat di Lapangan Garuda Kota Bintuhan, Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu pelaksanaan Peresmian Desa berlistrik Desa Tanjung Aur Kecamatan Maje Kabupaten Kaur dihadiri Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Ahyan Endu serta Bupati Kaur Gusril Fauzi, Executive Vice President Distribusi Operasi Regional Sumatera PLN Supriyadi beserta Manager Executive Direksi PLN Tony Belami dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu Daryono.

Bupati Kaur Gusril Fauzi menyampaikan ucapan terima kasih kepada PLN atas pembangunan yang telah dilakukan untuk mengalirkan listrik kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Kaur. Dirinya juga menyampaikan rasa bangganya karena dengan masuknya listrik ke Desa Tanjung Aur Kecamatan Maje ini, maka total sebanyak 192 desa di Kabupaten Kaur telah berlistrik.

Baca juga : Sistem Noken, Jokowi Raup 100 Persen Suara Di Kabupaten Puncak Papua

"Dengan begitu, seluruh desa di Kabupaten Kaur, kini telah dialiri listrik. Untuk itu saya berharap kepada seluruh masyarakat yang telah mendapatkan fasilitas ini untuk menjaga aset kelistrikan yang ada, sehingga dapat terus berkesinambungan pasokan listriknya," ungkap Gusril.

Dirinya mengharapkan dukungan PLN untuk terus mengembangkan ketenagalistrikkan di Kabupaten Kaur. "Kami siap mendukung apapun kebutuhan PLN untuk mengembangkan jaringan kelistrikan yang dibutuhkan masyarakat Kabupaten Kaur. Kabupaten Kaur dapat berkembang lebih pesat lagi karena daerah ini memiliki potensi alam dan ekonomi yang luar biasa,” jelasnya.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Ahyan Endu mewakili Gubernur Bengkulu mengungkapkan kebahagiaan terkait masuknya listrik ke Desa Tanjung Aur di Kabupaten Kaur ini. Hal ini menandai telah tercapainya 100 persen Rasio Desa Berlistrik se-Provinsi Bengkulu.

Baca juga : Klingking Fun, Diskon 50 Persen Bagi Yang Ikut Nyoblos

Executive Vice President Distribusi Operasi Regional Sumatera PLN Supriyadi menyampaikan bahwa pembangunan jaringan kelistrikan menuju Desa Tanjung Aur ini meliputi Pembangunan Jaringan Tegangan Menengah sepanjang 18,96 kilometer sirkuit, Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 4,73 kilometer sirkuit, serta gardu distribusi sebanyak 4 unit gardu dengan investasi sebesar Rp 8,25 miliar.

“PLN akan terus mengembangkan infrastruktur ketenagalistrikkan di seluruh pelosok tanah air untuk mendorong kemajuan daerah dan roda perekonomian. Saat ini, di Provinsi Bengkulu, seluruh desa telah terakhir listrik, namun langkah kami tidak berhenti sampai disini saja, kami terus berupaya melistriki masyarakat hingga ke level dusun dan kampung-kampung, sehingga diharapkan seluruh masyarakat di pelosok negeri ini dapat menikmati listrik,” ungkap Supriyadi.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan pemberian bantuan paket sembako kepada 200 masyarakat kurang mampu di Kabupaten Kaur yang dilakukan secara simbolis oleh General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu kepada 5 orang perwakilan warga Desa Tanjung Aur.

Baca juga : Jokowi Perkirakan Raup 80 Persen Suara di Banyumas

Bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian PLN kepada masyarakat yang membutuhkan yang dihimpun melalui Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN. Diharapkan bantuan tersebut dapat meringankan beban sekaligus bentuk berbagi kebahagian kepada sesama umat manusia. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tags :