Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

OJK Raih WTP Delapan Kali Berturut-turut Dari BPK

Rabu, 9 Juni 2021 17:27 WIB
Gedung OJK. (Foto: ist)
Gedung OJK. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengganjar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan OJK Tahun 2020. Opini WTP ini diperoleh OJK untuk kedelapan kalinya secara berturut-turut sejak 2013.

Penyampaian opini WTP tersebut termuat dalam surat BPK RI yang ditandatangani Anggota BPK RI Pius Lustrilanang kepada Ketua Dewan Komisioner OJK yang diterima belum lama ini. 

Baca juga : Mantul! Laporan Keuangan BI Raih WTP Lagi Dari BPK

Deputi Komisioner Hubungan Masyarakat dan Logistik, Anto Prabowo mengatakan, OJK mengapresiasi setinggi-tingginya kepada BPK, atas dukungan dan bimbingan dalam membangun sistem pengendalian internal dan governance di OJK, sejak awal pendirian OJK hingga saat ini.

"Kami menyambut baik hasil pemeriksaan yang disampaikan oleh BPK, terhadap Laporan Keuangan OJK Tahun 2020 yang sangat berguna. Terutama untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola, penyempurnaan proses bisnis dan peningkatan pengendalian internal yang efektif di OJK," ujarnya, Rabu (9/6).

Baca juga : Bamsoet Puji Pemkab Purbalingga Raih WTP 5 Kali Berturut-turut

Berbagai hal, telah dilakukan OJK dalam mewujudkan visinya menjadi lembaga yang kredibel melalui perbaikan kebijakan di berbagai bidang. Di antaranya, meningkatkan efektivitas organisasi, memperbaiki sistem manajemen keuangan yang terintegrasi, membangun sistem manajemen sumber daya manusia, sistem manajemen aset, sistem procurement yang akuntabel dan berkualitas, serta beberapa sistem lainnya yang akan terus disempurnakan.

Di samping itu, sambung Anto, OJK terus menyempurnakan peraturan terkait standar akuntansi keuangan yang digunakan OJK, melalui kerjasama dengan lembaga/profesi terkait, seperti Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). "Ini merupakan bagian dari semangat OJK untuk menjalankan continuous improvement, untuk memenuhi ekspektasi stakeholders," tuturnya.

Baca juga : Pemkab Tangerang Sabet WTP 13 Kali Berturut-turut Dari BPK

OJK akan terus berupaya melakukan perbaikan. Di antaranya, melalui percepatan proses penyelesaian tindak lanjut seluruh rekomendasi yang disampaikan oleh BPK, sebagai wujud komitmen OJK dalam menjaga aspek governance. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.