Dark/Light Mode

Anak Rentan Terpapar Covid-19, Tapi Sering Luput Dari Pengetesan

Rabu, 21 April 2021 07:48 WIB
Ilustrasi anak kecil juga rentan terpapar virus covid-19. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi anak kecil juga rentan terpapar virus covid-19. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Penanganan Covid-19 selama ini masih fokus pada usia dewasa. Upaya pengete­san Covid-19 untuk usia anak, masih jarang dilakukan. Namun, menurut Ketua Koordinator Data Kawal Covid-19 Ronald Bessie, anak kecil juga rentan terpapar virus itu.

Meski gejalanya mungkin berbeda, tapi potensi tertularnya sama seperti orang lanjut usia (lansia).

Berita Terkait : Tuh kan, Naik Lagi Kasus Covid-19

“Anak itu rentan terpapar, mereka belum bisa disiplin menerapkan protokol keseha­tan,” jelas Ronald dalam diskusi virtual, kemarin.

Anak perlu pendampingan untuk selalu menaati protokol kesehatan yang paling dasar, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, atau 3M. Kurangnya penerapan 3M pada anak membuat potensi tertular dan menularkan Covid- 19 menjadi sangat besar.

Berita Terkait : 8 Bandara AP II Sediakan GeNose

Tapi, anak-anak justru kadang luput dari 3T (testing, tracing, dan treatment). “Di Indonesia kita punya problem yang beda dari negara lain, yaitu kelom­pok usia anak jarang sekali di-testing,” ungkap Ronald.

Menurutnya, ketika ada orang dewasa terpapar Covid-19, petu­gas di lingkungan rumah tidak melakukan pengetesan pada anak yang berada dalam satu rumah.

Berita Terkait : Belajar Dari Penanganan Corona Di India, Terlena Pangkal Petaka

“Kalau ada orang tuanya positif, anaknya ini belum tentu dites. Bahkan tidak sama sekali. Kebanyakan seperti itu di ling­kungan kita,” sesalnya.

Biasanya, mereka melakukan pemeriksaan ketika sang anak mengeluhkan gejala demam atau batuk.
 Selanjutnya