Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Eks Dirut Bukopin Jadi Dirut Jasa Raharja

Kamis, 17 Juni 2021 18:46 WIB
Rivan A Purwantono (Foto: Ist)
Rivan A Purwantono (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Jasa Raharja (Persero) mengangkat Rivan A Purwantono sebagai direktur utama pada Kamis (17/6) pukul 09.00 WIB.

Beberapa hari sebelumnya, Rivan menyampaikan pengunduran diri selaku Direktur Utama PT Bank KB Bukopin Tbk, tak lama seusai menerima mandat menjadi direktur utama di BUMN asuransi Jasa Raharja. Atas pengangkatan tersebut, melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahun (RUPST) KB Bukopin yang dilaksanakan Kamis (17/6) pukul 10.00 WIB, pengunduran diri Rivan pun diterima.

Rivan mengawali karier di Bukopin pada 2006 sebagai Private Banking Group Head. Tangan dinginnya melahirkan inovasi bisnis baru, yaitu Priority Banking melalui sejumlah pengembangan segmen. Khususnya pada segmen konsumer yang mencakup beberapa tahapan, mulai mass, personal, hingga prioritas.

Nyaris 15 tahun bersama KB Bukopin, karier Rivan melesat menjadi kepala divisi, general manager, hingga menjadi direktur utama.

Baca juga : Bangkalan Ditetapkan Jadi Zona Merah Corona

"Alhamdulillah, dari seluruh proses perjalanan hidup ini menciptakan pembelajaran yang baik bagi saya. Saya percaya akan selalu ada hal baik jika kita selalu bersikap dan berfikir positif," ujar Rivan.

Sebagai figur yang aktif dan selalu berinovasi dalam setiap perjalanan karier, Rivan juga sempat dipercaya Kementerian BUMN, untuk menjadi Direktur Keuangan dan IT di PT KAI pada Mei 2020 lalu.

KAI Access menjadi bukti nyata kontribusi Rivan dalam masa jabatan 1 bulan 10 hari. Dalam periode itu, Rivan mengaku mendapat banyak pelajaran Mulai dari tata kelola keuangan, operasional KAI.

Hingga melakukan mapping penumpang yang membuatnya dapat mengoptimalkan aplikasi KAI Access.

Baca juga : Kasus Korupsi Jasindo, KPK Panggil Dirut Jasindo Syariah Saparudin

Di medio Juni 2020, Rivan mendapat mandat untuk membantu penyelamatan Bank Bukopin yang sedang menghadapi krisis likuiditas, sebagai dampak pemberitaan negatif dan hoaks yang menyebabkan panic withdrawal.

Kiprah Rivan di KB Bukopin Pada masa kepemimpinan Rivan sebagai President Director KB Bukopin, perseroan terbukti berhasil melewati dinamika progresif. Termasuk proses transformasi sejak September 2020.

Berbagai upaya dikontribusikan untuk mengembalikan citra dan kepercayaan nasabah. Diawali dari penambahan modal dan dukungan likuiditas dari KB Kookmin Bank, hingga resmi menjadi Pemegang Saham Pengendali (PSP). Kemudian berlanjut ke proses rebranding untuk memperkuat brand image perseroan.

Dukungan PSP yang kuat menunjukkan komitmen besar KB Kookmin Bank terhadap penguatan fundamental KB Bukopin.

Baca juga : Angger Yuwono Jadi Nakhoda Baru Jiwasraya

Dari sisi kepemimpinan, gaya komunikasi Rivan yang luwes tak ayal membantu citra KB Bukopin sebagai perseroan yang aktif menyampaikan perkembangan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.