Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandi Akan Bangunkan Geopark Rammang-Rammang Agar Dikenal Dunia

Kamis, 17 Juni 2021 21:49 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (memakai pelampung) menaiki sampai melita karst di Desa Wisata Rammang-Rammang, Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (17/6). (Foto: Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno (memakai pelampung) menaiki sampai melita karst di Desa Wisata Rammang-Rammang, Maros, Sulawesi Selatan, Kamis (17/6). (Foto: Kemenparekraf)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan terakhir dari rangkaian perjalanan mempromosikan desa wisata dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 membawa Menparekraf Sandiaga Uno ke Desa Wisata Rammang-Rammang. Rammang-Rammang berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jaraknya, 40 kilometer dari Makassar dan kurang lebih 10 kilometer dari Maros.

Objek wisata Rammang-Rammang adalah gugusan karst atau pegunungan kapur. Di seluruh dunia hanya ada tiga lokasi yang memiliki bentangan karst yang cukup luas, salah satunya di Maros ini. Dua lainnya berada di China Selatan dan Vietnam. Gugusan karst Rammang-Rammang adalah pegunungan kapur terluas kedua setelah China.

Baca juga : Tingkatkan Pelayanan, PLN Gandeng Ditjen Dukcapil

Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO telah mengajukan secara resmi Geopark Nasional Maros-Pangkep sebagai kandidat Global Geopark Indonesia. Sebelumnya, Geopark Rammang Rammang telah ditetapkan sebagai Geopark Nasional pada November 2017.

"Dilihat dari potensinya, Rammang-Rammang harusnya masuk dalam destinasi wisata kelas dunia. Karena tidak semua tempat memilikinya. Saat ini, kami istilahkan masih tidur dan tersembunyi,” ucap Sandi, dalam kunjungan kerja ke Desa Wisata Rammang-Rammang, Kamis (17/6).

Baca juga : Satpol PP Minta Aplikasi BTS Meal Dihentikan

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini menegaskan, menjadi tugasnya untuk “membangunkan” Remang-Remang dan mengungkap pesonanya agar warga dunia mengetahui nilai kelangkaan dan eksotisnya. "Kami akan mengikutsertakannya dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021,” ujar Sandi lagi.

Keindahan alam menjadi salah satu kategori penilaian dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021. Kategori lainnya adalah homestay, konten kreatif, desa digital, kuliner, kerajinan tangan, dan CHSE. Penetapan kategori tersebut bertujuan untuk mendorong berkembangnya desa wisata menjadi wisata berkelanjutan dan sebagai bahan untuk meningkatkan kualitas yang dapat diikuti semua desa di Indonesia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.