Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bangkitkan Ekonomi Nasional

Jokowi Dorong IWAPI Go Digital

Jumat, 18 Juni 2021 23:10 WIB
Presiden Jokowi memberikan sambutan secara virtual dalam Munas IX IWAPI, Jumat (18/6). (Foto: Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi memberikan sambutan secara virtual dalam Munas IX IWAPI, Jumat (18/6). (Foto: Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) IX, di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (18/6). Karena masih pandemi, Munas IX IWAPI digelar secara online dan offline dengan protokol kesehatan ketat.

"Iya karena pandemi. Pelaksanaan Munas dilaksanakan secara ketat, baik secara protokol kesehatannya ataupun jumlah peserta yang akan hadir," tutur Ketua Panitia Munas IX IWAPI, Tatyana Sutara, Jumat (18/6). 

Baca juga : Bangkit Dari Pandemi, UMKM Harus Melek Digital

Munas mengambil tema “Tantangan Digitalisasi Finansial sebagai Rekonsiliasi Perempuan Pengusaha di Masa Pandemi dan di Era New Normal”. Untuk online, diikuti 1.500 anggota dari Sabang sampai Merauke. Sedangkan untuk offline, hanya 150 orang peserta.

"Munas diikuti oleh 34 provinsi. Itu pun peserta Munas dari daerah hanya Ketua Umum, dikarenakan menyesuaikan dengan pembatasan sesuai prokes," tutur Tatyana. 

Baca juga : Bangkalan Ditetapkan Jadi Zona Merah Corona

Beralih ke Digital Marketing 
Dalam Munas itu, IWAPI mendorong lebih dari 30 ribu anggotanya untuk memahami dan pindah haluan ke digital marketing. Langkah ini diambil untuk menyiasati tantangan pandemi Covid-19 yang menurunkan sektor UMKM di Indonesia dan juga dunia. 

"Sesuai dengan temanya yang digitalisasi, makanya kita nge-push. Karena belum semua yang melek teknologi. Kita harus pindah, moving ke digital atau online kalau mau usaha kita hidup atau jalan terus," tutur Ketua IWAPI Nita Yudi, di arena Munas. 

Baca juga : Bangkitkan Ekonomi, ARLI Ajak Bali Kembangkan Rumput Laut

Menurutnya, sudah saatnya pelaku UMKM dan UKM wanita di Indonesia bersama-sama membangkitkan kembali perekonomian. Pengusaha wanita Indonesia diharuskan melihat peluang di balik tantangan, agar bisa keluar dari krisis ekonomi ini. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.