Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kurangi Transaksi Tunai, BP Jamsostek Gandeng LinkAja

Senin, 21 Juni 2021 15:18 WIB
BP Jamsostek. (Foto: Ist)
BP Jamsostek. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembayaran tagihan secara elektronik kini semakin diminati masyarakat. Fungsi utamanya, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penggunaan instrumen nontunai apalagi di masa pandemi Covid-19 ini.

Untuk mewujudkan hal tersbut, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) menggandeng LinkAja sebagai salah satu kanal pendaftaran dan pembayaran.

Kepala Kantor BP Jamsostek Cabang Jakarta Pulo Gebang Jefri Iswanto menyambut baik LinkAja menjadi kanal pendaftaran dan pembayaran iuran peserta karena memberikan kemudahan kepada peserta. Menurutnya, kemudahan tersebut tentunya memiliki potensi besar untuk meningkatkan jumlah peserta BP Jamsostek khususnya pekerja informal.

Karena, untuk menjadi peserta dan membayar iurannya dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi LinkAja.

Baca juga : Gandeng Unpad, BP Jamsostek Cilandak Sosialisasi Via Podcast

"Kami juga sudah mengarahkan para peserta yang sudah terdaftar menjadi peserta BP Jamsostek bisa melakukan pembayaran iuran melalui aplikasi LinkAja untuk mengurangi kontak peserta dengan petugas guna mengurangi resiko terpaparnya Covid-19," katanya di Jakarta, Senin (21/6).

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengatakan, kerja sama antara LinkAja dengan BP Jamsostek sejalan dengan upaya perusahaan untuk mempermudah kebutuhan esensial masyarakat yaitu pembayaran iuran beserta pendaftaran BP Jamsostek yang dapat dilakukan melalui aplikasi LinkAja.

"Kami berharap, ini dapat menambah rasa aman dan nyaman bagi para pekerja dalam memenuhi kebutuhan proteksi terutama di tengah ketidakpastian di masa Pandemi Covid-19 ini. Kami berkomitmen untuk terus memperluas akses layanan keuangan nontunai untuk mendorong inklusi keuangan di Indonesia yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Direktur Kepesertaan BP Jamsostek Zainudin mengatakan, kerjasama dengan LinkAja tersebut melengkapi pilihan kanal pendaftaran yang sebelumnya yaitu melalui website dan aplikasi BPJSTKU. Sementara, untuk fitur pembayaran iuran, tentunya LinkAja melengkapi pilihan kanal bayar lainnya yang terdiri dari mobile banking Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, serta melalui aplikasi Grab dan Tokopedia. 

Baca juga : Lindungi Peserta, BP Jamsostek Gambir Sebar Vitamin

Kemudian, kata Zainudin, terdapat kanal kerjasama lain yang dapat melayani pendaftaran dan pembayaran iuran, yakni cermati.com dan Agen 46. Sedangkan khusus bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Malaysia dapat melalui Mandiri International Remittance.

Menurutnya, perlindungan jaminan sosial merupakan kebutuhan yang wajib dimiliki oleh seluruh pekerja baik penerima upah atau sektor formal, pekerja bukan penerima upah atau informal, maupun Pekerja Migran Indonesia (PMI).

"Untuk itu, BP Jamsostek selalu berupaya memberikan pelayanan yang terbaik salah satunya dengan memberikan kemudahan akses untuk pendaftaran dan pembayaran iuran," ungkapnya.

Zainudin menambahkan, dengan makin banyaknya pilihan akses pendaftaran dan pembayaran iuran ini pastinya makin mempermudah para pekerja untuk memperoleh perlindungan jaminan sosial, terlebih iuran yang dibayarkan cukup terjangkau mulai dari 16.800 per bulan.

Baca juga : Tangani Bencana, Kemensos Gandeng Berbagai Pihak

Ke depan, BP Jamsostek juga akan terus melakukan inovasi dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk memperluas akses layanan bagi pekerja di seluruh Indonesia. "Dengan dibukanya akses pendaftaran dan pembayaran iuran seluas-luasnya, diharapkan semakin banyak pekerja yang terlindungi jaminan sosial dari BP Jamsostek," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.