Dark/Light Mode

Gandeng Unpad, BP Jamsostek Cilandak Sosialisasi Via Podcast

Sabtu, 19 Juni 2021 11:54 WIB
BP Jamsostek Jakarta Cilandak berkolaborasi dengan Sekolah Pascasarjana Unpad Bandung sosialiasasi manfaat perlindungan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui podcast. (Foto: Ist)
BP Jamsostek Jakarta Cilandak berkolaborasi dengan Sekolah Pascasarjana Unpad Bandung sosialiasasi manfaat perlindungan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui podcast. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Jakarta Cilandak berkolaborasi dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung menyosialiasasikan manfaat perlindungan program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui podcast.

Podcast bertajuk Rethinking Social Security : Policies to Protect Workers and Families diisi langsung Kepala Kantor Cabang Jakarta Cilandak Puspitaningsih dan Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Unpad Bandung Ira Irawati.

Wetty sapaan akrab Puspitaningsih mengatakan, BP Jamsostek hadir sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk melindungi masyarakat pekerja dari risiko sosial ekonomi. "Hal ini tertuang dalam UUD 1945 Pasal 28 H yang bunyinya setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan pengembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat," katanya dalam keterangan resminya di Jakarta, Sabtu (18/6).

Baca juga : Lindungi Peserta, BP Jamsostek Gambir Sebar Vitamin

Wetty menjelaskan, saat ini BP Jamsostek menaungi 5 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan yang terbaru Jaminan Kehilangan Pekerjaan (JKP). Menurut Wetty, sejak terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 82 Tahun 2019 manfaat yang diterima oleh peserta saat ini meningkat signifikan.

Untuk manfaat JKM, total santunan yang diberikan adalah sebesar Rp 42 juta dari yang sebelumnya Rp 24 juta. Total beasiswa maksimal sebesar Rp 174 juta dari yang sebelumnya hanya Rp 12 juta dan dari 1 orang anak sekarang menjadi 2 orang anak. Biaya transportasi kecelakaan kerja juga mengalami kenaikan. Untuk transportasi darat maksimal Rp 5 juta, transportasi laut maksimal Rp 2 juta, dan transportasi udara maksimal Rp 10 juta serta adanya layanan homecare dengan biaya maksimal sebesar Rp 20 juta.

Kemudian, kata Wetty, ada JHT ini sifatnya sebagai tabungan yang dapat dicairkan apabila tenaga kerja tersebut berhenti bekerja atau memasuki usia pensiun. "Untuk JHT hasil pengembangan seluruhnya dikembalikan kepada peserta dengan pengembangan saldo rata-rata di atas bunga deposito bank pemerintah," jelasnya.

Baca juga : Jelang Olimpiade Tokyo, PBSI Gelar Laga Simulasi Di Markas Pelatnas

Lalu, ada JP yang manfaatnya dibayarkan setiap bulan dan atau sekaligus apabila peserta memasuki usia pensiun, cacat total tetap atau meninggal dunia. Terakhir, ada JKP yang baru dikeluarkan bersamaan dengan UU Cipta Kerja Tahun 2020 kemarin. JKP ini diberikan kepada pekerja atau buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja dengan tujuan mempertahankan derajat kehidupan yang layak pada saat pekerja kehilangan pekerjaan.

Manfaat yang diterima tenaga kerja berupa manfaat uang tunai, akses informasi pasar kerja, dan pelatihan kerja Ia juga memastikan kemudahan dalam pembayaran iuran melalui berbagai channel perbankan seperti BNI, Mandiri, BRI, BTN, BCA, dan CIMB Niaga, layanan Finnet seperti link aja, gerai Alfamart, Lawson, dan indomaret hingga online shop seperti Tokopedia.

"Melalui podcast ini, kami juga mengajak teman-teman mahasiswa, dosen non ASN, dan tenaga harian Unpad Pascasarjana segera mendaftarkan dirinya untuk menjadi peserta BP Jamsostek untuk menanggulangi resiko sosial apabila terjadi musibah yang dialami oleh tenaga kerja dan kepastian dalam menghadapi hari tua dan pensiun," tuturnya.

Baca juga : Jadi Dewan Pembina, Bamsoet Ajak Club Harley Sosialisasikan 4 Pilar MPR

Sementara itu, Wakil Dekan Sekolah Pascasarjana Unpad Ira Irawati mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat untuk semua dan menambah wawasan mengenai program serta manfaat BP Jamsostek.

"Kita jadi semakin mengenal akan pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan dan manfaat yang diberikan tentunya sangat baik bagi seluruh peserta," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.