Dark/Light Mode

Capai Rp 187 Triliun

Penyaluran Kredit CIMB Niaga Naik Tipis

Minggu, 28 April 2019 05:52 WIB
Digital Lounge CIMB Niaga. (Foto: net)
Digital Lounge CIMB Niaga. (Foto: net)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sepanjang kuartal I-2019, PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berhasil menyalurkan kredit Rp 187,99 triliun. Jumlah ini naik tipis dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Penyaluran kredit tumbuh 5 persen (kuartal I),” kata Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan di Jakarta, kemarin.

Baca juga : Bank BTN Kuasai Pasar KPR

Menurut dia, ke depannya CIMB Niaga akan fokus memperbesar bisnis Consumer dan UKM, meningkatkan Current Account Saving Account (CASA), serta memperkuat proposisi bisnis. Strategi yang ambil adalah fokus pada segmen Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dan Kredit Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Kedua segmen tersebut, kata Tigor, terus menampakkan hasil. Masing-masing tumbuh 13,1 persen dan 8,1 persen. Sementara kredit Korporasi dan Komersial tumbuh secara kumulatif sebesar 5,1 persen.

Baca juga : Tembus Rp 2 Triliun, Wika Pecahkan Rekor Laba Bersih

Tak hanya itu, pada segmen perbankan Syariah juga tercatat terus tumbuh dengan total pembiayaan Unit Usaha Syariah CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) mencapai Rp 28,04 triliun atau tumbuh sekitar 61,1 persen. Pada kuartal I, CIMB Niaga juga berhasil kantongi laba bersih konsolidasi (unaudited) sebesar Rp 944 miliar.

Jumlah ini naik sebesar 7,6 persen. Pertumbuhan laba bersih tersebut didukung oleh pendapatan non bunga yang naik sebesar 4,0 persen menjadi Rp 1,03 triliun. Kemudian, penurunan pada biaya kredit sebesar 19 bps, dari 1,79 persen menjadi 1,60 persen.

Baca juga : Sri Mulyani Hibur Orang-orang Tajir

“Kinerja CIMB Niaga pada kuartal I 2019 menunjukkan peningkatan yang stabil dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu,” kata Tigor.

Sementara itu, pendapatan operasional naik 1,1 persen dengan kontribusi terbesar dari pendapatan non bunga. Sementara biaya pencadangan mengalami penurunan sebesar 16,2 persen sejalan dengan kondisi perekonomian yang terus mengalami perbaikan. Sementara untuk total penghimpunan Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp 190,56 triliun. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.