Dark/Light Mode

Aliansi Jurnalis Lingkungan Dukung PPLI Edukasi Limbah B3 Ke Masyarakat

Rabu, 23 Juni 2021 15:35 WIB
Tur media ke pabrik kelola limbah berbahaya (B3) milik PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) di Cileungsi, Bogor, Rabu (23/6). (Foto: PPLI)
Tur media ke pabrik kelola limbah berbahaya (B3) milik PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) di Cileungsi, Bogor, Rabu (23/6). (Foto: PPLI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) mengapresiasi upaya Aliansi Jurnalis Loyalis Lingkungan atau Alur Loyalis Lingkungan menyosialisasikan kepada masyarakat dan dunia usaha tentang bahaya limbah bahan berbahaya dan beracun, alias B3.

Perusahaan yang bergerak di sektor tata kelola limbah ini mengamini, masih banyak pengusaha yang abai tentang aturan main membuang limbah berbahaya. Termasuk sungai, sebagai spot sumber ekosistim dan kehidupan masyarakat sekitar.

"Sosialisasi dengan mengedukasi pengusaha dan masyarakat tentang Limbah B3, kita akan jauh lebih mudah bila didukung oleh insan media," ujar Manager Humas PPLi Arum Tri Pusposari, kepada RM.id, Rabu (23/6).

Baca juga : Si Glowing, Bawang Merah Ramah Lingkungan Yang Wanginya Menyengat

Arum memastikan, sinergi PPLI dengan para insan media yang tergabung dalam Alur Loyalis Lingkungan ini akan terus dilakukan. Selain merupakan komitmen bersama yang baik tentang lingkungan, edukasi ini berdampak baik dalam sikap masyarakat terhadap limbah.

Nantinya, akan ada aksi nyata melalui pemberitaan di media eksternal maupun media internal PPLI, membuat program sosial berkaitan dengan limbah B3 langsung ke tengah masyarakat atau menggelar webinar serta diskusi-diskusi bagi dunia usaha, masyarakat serta akademisi.

"Kami berharap ke depan tak ada lagi kerusakan alam akibat masyarakat dan dunia usaha membuang limbah berbahaya ke alam terbuka tanpa dihilangkan racun berbahayanya terlebih dahulu," harapnya.

Baca juga : Penanganan Lingkungan Di Banyuwangi Makin Jos

PPLI lanjut Arum, dalam sehari mampu mengolah hingga 500 ton Limbah B3, baik itu limbah beracun, infeksius, korosif, mudah meledak, mudah terbakar, carsinogenic, hingga merusak lingkungan.

Salah satu jurnalis anggota Alur Loyalis Lingkungan Isra Triansyah menyambut baik dukungan PPLI dalam upaya kampanye kepedulian pada lingkungan.

"Kami sebagai jurnalis siap support untuk mengedukasi masyarakat tentang bahaya Limbah B3 dan bagaimana cara menanganinya yang baik dan benar. Karena itu tugas jurnalis sesungguhnya," tandas jurnalis foto di sebuah media nasional ini.

Baca juga : Alas Kaki Dan Jamu Asal Indonesia Diminati Masyarakat Nigeria

Hal serupa juga disampaikan presenter tv nasional Bayu Pradhana. "Gagasan membangun sinergi PPLI dengan insan media dengan membentuk komunitas jurnalis ini sangat mulia. Kami mendukung program ini," imbuhnya. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.