Dark/Light Mode

Rayakan HUT Ke-75

BNI Tanam 1.946 Terumbu Karang Di Likupang

Kamis, 24 Juni 2021 13:47 WIB
Seorang anggota BNI HiMovers Dive Community tengah mempersiapkan bibit terumbu karang untuk ditanam dalam rangka Restorasi Terumbu Karang di Perairan Pantai Pulisan, Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (23/6). (Foto: Dok. BNI)
Seorang anggota BNI HiMovers Dive Community tengah mempersiapkan bibit terumbu karang untuk ditanam dalam rangka Restorasi Terumbu Karang di Perairan Pantai Pulisan, Likupang, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Rabu (23/6). (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Pasir pantai yang indah, bebatuan yang eksotis serta bukit savana yang memukau merupakan pemandangan lengkap yang dapat dinikmati di Pantai Pulisan. Pantai yang berjarak 2 jam perjalanan dari Kota Manado ini memiliki magnet yang menarik pecinta wisata untuk mengunjunginya.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas ekosistem bawah laut Pantai Pulisan Likupang sehingga dapat meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun mancanegara yang senang melakukan aktivitas bahari, seperti menyelam atau snorkeling dan pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

Baca juga : Selamatkan Alam, BNI Tanam Ribuan Pohon

Restorasi ini dilakukan dengan metode transplantasi karang berdasarkan tata kelola laut (sea scaping) yang sudah disusun sesuai habitat masing-masing. Dengan demikian, pemandangan kebun karang di bawah laut menjadi lebih indah.

Restorasi terumbu karang ini juga mengikutsertakan 9 penyelam yang berpengalaman, antara lain dari BNI HiMovers Dive Community dan Tim Seasoldier Sulut.

Baca juga : Peringati Laut Sedunia, Pertamina Lakukan Konservasi Terumbu Karang Di Madura

Selain di Likupang, penyelamatan terumbu karang juga dilaksanakan BNI di beberapa perairan lain, seperti di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Tarempa di Kepulauan Riau, hingga di Pulau Sabang di Aceh.

"Bukan hanya restorasi, BNI juga memberikan edukasi kepada komunitas selam BNI (46Divers) yang tersebar dari Sabang sampai Merauke terkait bagaimana cara melakukan restorasi terumbu karang tersebut, sehingga semangat penyelamatan perairan di tanah air terus meluas,” pungkas Ronny Venir. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.