Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet Batumbu, CIMB Niaga Salurin Pembiayaan UMKM

Senin, 28 Juni 2021 13:15 WIB
CIMB Niaga. (Foto: Ist)
CIMB Niaga. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menggaet PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu), yang merupakan financial technology (fintech) peer-to-peer (P2P) lending di bidang pembiayaan UMKM.

Melalui kolaborasi ini, CIMB Niaga bakal menyalurkan pembiayaan dengan skema berbasis channeling, untuk tagihan dagang (invoice financing). Dari para pelaku UMKM menggunakan digital platform milik Batumbu. 

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga, Tony Tardjo mengatakan, di tengah kondisi saat ini, kolaborasi antara perbankan dengan fintech merupakan strategi yang tepat bagi kedua belah pihak untuk terus mengembangkan bisnis. 

Dalam hal ini, bank dan fintech perlu mengedepankan sinergi yang saling menguntungkan, bukan berkompetisi. Dengan demikian, keduanya dapat berkembang bersama-sama dan saling melengkapi sesuai keunggulan masing-masing. 

Baca juga : Tumbuh 42,5 Persen, CIMB Niaga Syariah Raih Laba Rp 459 Miliar

“CIMB Niaga menyambut baik kemitraan dengan Batumbu. Bagi kami, kerja sama ini adalah bagian dari strategi untuk meningkatkan efisiensi karena skema penyaluran pembiayaan dilakukan oleh mitra (Batumbu)," jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (28/6).

Tak hanya itu lanjut Tony, kerja sama ini dilakukan dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian. Dan mengacu kepada kriteria penilaian kredit yang berlaku di CIMB Niaga. "Kami dapat lebih fokus mengembangkan usaha sesuai dengan keahlian utama kami,” ujarnya.

Menurut Tony, kerja sama ini sekaligus memperkuat peran CIMB Niaga, khususnya dalam pembiayaan di sektor UMKM. Melalui fintech, CIMB Niaga dapat menjangkau nasabah-nasabah baru yang belum tersentuh pembiayaan perbankan, sehingga dapat meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia sesuai arahan dari regulator dan pemerintah.

Kolaborasi yang mengoptimalkan pemanfaatan digital platform ini juga sejalan dengan konsistensi CIMB Niaga. Terutama dalam mendukung digitalisasi proses sesuai kebutuhan dan preferensi nasabah saat ini. 

Baca juga : Balita Tiga Tahun Pesan 100 Porsi Mie

CIMB Niaga lanjut Tony, juga terus berinovasi mengembangkan layanan digital bagi nasabah Consumer melalui digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks. Adapun bagi nasabah korporasi dan UKM, dapat memanfaatkan layanan internet banking BizChannel@CIMB dan mobile banking BizChannel@CIMB Mobile.

“Pelaku UMKM juga dapat memanfaatkan platform digital milik Batumbu sebagai mitra kami. Supaya bisa akses pembiayaan secara mudah, aman, sehat, dan cepat, sehingga arus kas dapat terjaga dan bisnis terus berkembang secara berkelanjutan,” kata Tony.

Penandatanganan ini akan menjadi acuan bagi Batumbu untuk meningkatkan kinerja yang telah terus berkembang. Terbukti, di awal kuartal II-2021 Batumbu membukukan penyaluran pembiayaan hingga Rp 3 triliun dengan tingkat keberhasilan (TKB) 100 persen. 

CEO Batumbu, Jenny Wiriyanto berharap, dengan terjalinnya kerja sama antara Batumbu dan CIMB Niaga, dapat meningkatkan potensi Wira UMKM dalam membangun aliansi kemitraan strategis.

Baca juga : Per Maret, BTN Salurin Subsidi Bunga UMKM Dan KPR Rp 2,49 T

Sehingga ke depan, pihaknya dapat menghasilkan solusi keuangan kreatif dengan pendekatan, melalui rantai pasok hulu ke hilir secara holistik, untuk pemberdayaan ekosistem yang berkelanjutan. 

"Ini kami yakini akan dapat mempercepat kebangkitan dan pergerakan roda perekonomian UMKM Indonesia menuju Indonesia maju dan tangguh,” harapnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.