Dark/Light Mode

VISA Gandeng ALTO, Menko Airlangga Harap Pembayaran Digital Lebih Aman Dan Murah

Jumat, 11 Juni 2021 14:23 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perusahaan pemimpin pembayaran digital di dunia, VISA, melakukan kemitraan dengan ALTO. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto berharap, kerja sama keduanya mendukung ekosistem pembayaran digital di Indonesia.

“Kami berharap kerja sama VISA bareng ALTO mampu mendukung ekosistem pembayaran digital yang lebih aman, cepat, dan murah," ujar Airlangga saat memberikan sambutan secara virtual, dikutip Jumat (11/6).

Ketua Umum Partai Golkar ini optimis ekosistem pembayaran digital yang terus dijaga keamanannya, lebih murah dan cepat mampu memperlancar transaksi keuangan serta diminati masyarakat. Serta mendukung efektivitas kebijakan di sektor keuangan.

"Ini mampu menurunkan biaya transaksi pembayaran, serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem pembayaran digital dan sistem keuangan secara umum," tuturnya.

Baca juga : Gandeng UGM, Kemenhub Teliti Pengembangan Transportasi Ibu Kota Baru

Kemitraan ini, menurutnya, juga menjadi capaian positif bagi ALTO, untuk meningkatkan kemampuan menuju kelas dunia melalui transfer knowledge dari VISA di bidang keamanan siber. Juga dari sisi manajemen risiko, keberlangsungan bisnis, dan operasional.

Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Y. Kim juga mendukung kerja sama VISA dan ALTO di Indonesia. Menurutnya adanya kemitraan ini membuat ekosistem keuangan digital di Indonesia semakin luas.

“Mewakili pemerintah Amerika Serikat di Indonesia, saya mendukung kemitraan ini sangat vital dalam meningkatkan sistem pembayaran nasional menjadi kelas dunia," ujar Sung Y. Kim.

Dia bilang, VISA memiliki sejarah panjang dalam mendorong inovasi dan transformasi teknologi pembayaran di seluruh dunia. Kini, berbagai keunggulan itu dikombinasikan dengan jejak dan peran ALTO sebagai lembaga switching terkemuka di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) di Indonesia.

Baca juga : Transformasi Digital Industri Olahraga dan Peningkatan Prestasi Harus Beriringan

"Ini akan memastikan layanan keuangan yang terbaik dapat tersedia luas bagi seluruh masyarakat Indonesia," ucapnya, yakin.

Sementara itu, Presiden Direktur VISA Indonesia optimistis, kerja sama ini akan membawa banyak manfaat. Kemitraan ini akan memperkuat posisi ALTO sebagai mitra gerbang pembayaran nasional pilihan di Indonesia dan memfasilitasi penerapan standar operasional yang berkelas global.

"Bersama-sama, kami berusaha dapat mendorong pemberdayaan bangsa dalam mengusung perekonomian digital, serta memperluas akses pembayaran digital," tuturnya.

CEO ALTO Network Armand Widjaja mengatakan, pihaknya berbagi visi yang sama dengan VISA untuk mendorong pemberdayaan bangsa dengan menyediakan layanan pemrosesan transaksi kartu debit berkelas global bagi para konsumen.

Baca juga : Ganjar: Haram, Pembelajaran Tatap Muka Di Zona Merah

Kemitraan ini menandakan pencapaian yang signifikan dari tujuan ALTO untuk menjadi mitra sistem pembayaran dan digital yang terkemuka dan terpercaya di Indonesia.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan Visa dalam memastikan keberlanjutan peningkatan kualitas layanan ALTO demi kepuasan para klien dan konsumen kami," ucapnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.