Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gaet SMF, PNM Garap Pembiayaan Rumah Buat Nasabah Mikro

Selasa, 8 Juni 2021 13:22 WIB
Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo. (Foto: ist)
Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM berkolaborasi dengan PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF meluncurkan program pembiayaan, HOME. 

HOME merupakan program pembiayaan mikro perumahan bagi nasabah PNM Mekaar. Pembiayaan ini juga ditujukan untuk renovasi rumah nasabah, yang juga dijadikan sebagai tempat usaha atau mendukung usaha.

Program tersebut diluncurkan di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah, Kamis (3/6) lalu. Semarang dipilih menjadi tempat peluncuran karena menjadi kota pertama pelaksanaan program pembiayaan mikro perumahan HOME kepada sejumlah nasabah PNM Mekaar. 

Direktur Utama SMF, Ananta Wiyogo berharap, program HOME ini dapat membantu program percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), yang saat ini tengah digenjot pemerintah. 

Baca juga : Siapkan Hadiah Rp 457 Juta, PLN Gelar Lomba Desain Rumah Sehat Dan Ramah Lingkungan

“Pembiayaan mikro perumahan HOME ini diharapkan sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan ultra mikro, dapat kembali bergerak melalui usaha yang mereka lakukan dari rumah," ungkap Ananta dalam keterangan, Selasa (8/6).

Ananta menambahkan, program HOME juga merupakan bagian dari pelaksanaan Sustainable Development Goals (SDG's) atau tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya terkait sustainable cities dan communities.

Tak hanya itu, program HOME juga menjadi bagian dari pelaksanaan perluasan mandat yang diterima SMF, guna mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan berkesinambungan. Hal ini katanya, baik dari sisi suplai maupun permintaan, agar akses masyarakat untuk memperoleh hunian layak dan terjangkau semakin terbuka lebar. 

Menurut dia, program Home merupakan bukti komitmen perseroan kepada Masyarakat kecil dan Berpenghasilan Rendah (MBR). SMF yang merupakan Special Mission Vehicle (SMV), Kementerian Keuangan memperoleh sebagian dananya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Dalam hal ini, termasuk dari masyarakat melalui pajak yang dibayarkan kepada negara. 

Baca juga : Duet BSI & PertaminaBeri Pembiayaan Pertashop Di Ponpes

"Dana dari masyarakat yang kami terima tersebut dikembalikan lagi kepada masyarakat, salah satunya melalui program HOME ini,” tambahnya. 

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM, Sunar Basuki mengatakan, program HOME ini diharapkan terjadinya perbaikan atau peningkatan ekonomi bagi nasabah Mekaar. Penerima pembiayaan mikro perumahan, termasuk peningkatan kualitas hidup. 

Sehingga, selain aspek 11 tentang sustainable cities dan communities, program ini juga merupakan bagian dari tiga aspek SDG's yaitu good, health dan well-being. "Setelah ini, kami akan masuk juga pada aspek sanitasi,” jelasnya.

Dengan jumlah nasabah Mekaar yang saat ini mencapai 9,5 juta orang, program ini  diharapkan memberikan dampak signifikan, baik secara sosial maupun ekonomi bagi bangsa dan negara. Mekaar sendiri merupakan program pembiayaan untuk pelaku usaha ultra mikro, yang diluncurkan PNM sejak 2015 lalu. 

Baca juga : BSI Salurkan Pembiayaan Pertashop Untuk Pesantren

Target nasabah Mekaar, merupakan perempuan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam berusaha. Namun, karena terbatasnya akses terhadap modal kerja, menjadikan keterampilan berusaha mereka kurang termanfaatkan. 

Sementara itu, Kepala Sub Direktorat 1 KND Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Nofiansyah menyambut baik diluncurkannya program pembiayaan mikro perumahan HOME ini. Menurutnya, PNM hingga saat ini sudah terus bekerja dengan baik untuk membantu masyarakat ultra mikro. 

"Adanya dukungan dari SMF melalui pembiayaan mikro perumahan ini tentunya akan semakin banyak masyarakat ultra mikro yang dapat akses," ujar Nofiansyah. 

Dengan begitu, akan terjadi peningkatan yang signifikan dalam peningkatan kesejahteraan mereka, agar memiliki hunian lebih layak dan usaha semakin berkembang. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.