Dark/Light Mode

Bidik Top 10 Global Player

Pemerintah Gaspol Gabungin BUMN Pelabuhan Tahun 2021

Minggu, 4 Juli 2021 05:09 WIB
Ilustrasi. Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar. (Foto : Istimewa).
Ilustrasi. Aktivitas bongkar muat petikemas di Pelabuhan Makassar. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
“Alhamdulillah dari Kemen­hub (Kementerian Perhubungan) sudah ada surat resmi dari Men­hub Budi Karya Sumadi soal dukungan integrasi dari kepelabuhanan,” ujar Arif saat Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR, Rabu (30/6).

Arif merinci timeline peng­gabungan seluruh perusahaan Pelindo. Mengutip arahan Ke­menterian BUMN, integrasi di­harapkan dapat dilakukan akhir kuartal III-2021 atau sekitar akhir September hingga awal Oktober 2021.

Baca juga : Pemerintah Tetap Semangat Kejar Target Pembangunan

Secara lebih rinci, saat ini sedang dilakukan tahap penggabungan induk Pelindo dan pendirian subholding. Aktivitas yang dilakukan dalam tahap ini, an­tara lain kajian bersama implementasi penggabungan, rancan­gan Peraturan Pemerintah (PP), pembuatan akta penggabungan, masterplan bisnis, desain transisi sistem korporasi serta kajian in­breng ke subholding.

“Akhir September atau awal Oktober nanti diharapkan terjadi legal merger antara Pelindo I sampai Pelindo IV,” ungkap Arif.

Baca juga : Tok! Pemerintah Tak Berangkatkan Haji Pada Tahun Ini

Biaya Logistik Murah

Di kesempatan sama, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wir­joatmodjo bicara mengenai pentingnya pembentukan holding BUMN Pelabuhan. Integrasi ini diklaimnya penting untuk men­capai target-target efisiensi demi biaya logistik semakin murah.

Baca juga : Lebaran, Pemerintah Pastikan Pasokan BBM Dan LPG Aman

Menurut pria yang akrab disapa Tiko ini, pembentukan holding BUMN Pelabuhan su­dah banyak ditunggu banyak pihak. Karena biaya logistik nasional yang tinggi dibanding negara lain, mengingat Indonesia adalah negara kepulauan yang luas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.