Dark/Light Mode

Gandeng Himbara, Satker Kemlu Terapkan Non-Tunai

Rabu, 1 Mei 2019 21:24 WIB
Gandeng Himbara, Satker Kemlu Terapkan Non-Tunai

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) meresmikan penggunaan Debit atau Cash Card dari tiga Bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Negara (Himbara): BNI 46, Bank BRI, dan Bank Mandiri, untuk seluruh Satuan Kerja Kemlu.

Peresmian berlangsung pada 29 April 2019 di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta. Peresmian dihadiri Wakil Menteri Luar Negeri, para Eselon I selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan KPA lainnya setingkat Eselon II, Direktur Pengelolaan Kas Negara, Ditjen Perbendaharaan Kementerian Keuangan, serta perwakilan dari Bank Himbara.

Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir dalam sambutannya menyatakan, Pimpinan Kemenlu sangat serius untuk mewujudkan digitalisasi pengelolaan keuangan, yang telah dicanangkan Pemerintah. Dalam kaitan ini, Kemenlu sudah dan sedang melakukan beberapa langkah terkait proses digitalisasi yang meliputi tiga aspek, yakni substansi, pelayanan dan administrasi keuangan.

Baca juga : Bekraf Gelar Kompetisi Jaring Wirausaha Muda

Langkah digitalisasi yang sudah dilakukan di bidang substansi, antara lain: pembuatan laporan, press release, broadcast media sosial. Di bidang pelayanan terkait kekonsuleran.

Untuk pelaksanaan digitalisasi di bidang administrasi keuangan, Kemenlu menyadari hal ini tidak dapat dilakukan sendiri, akan tetapi memerlukan dukungan dari para stakeholder, yaitu Kemenkeu, dan bank Himbara. 

Wujud kerjasama ketiga pihak tersebut adalah telah terlaksananya penandatanganan dan penggunaan Kartu Kredit Pemerintah (KKP) pada 7 Agustus 2018.

Baca juga : Banten Berpotensi Kembangkan Kopi

Dalam kesempatan tersebut, Wamenlu menyampaikan penghargaan kepada Kementerian Keuangan dan Himbara yang telah melakukan pendampingan sejak dari tahap persiapan hingga terealisasinya program transaksi non-tunai ini.

 Kemenlu berharap agar kedepannya segera dapat terlaksana satu transaksi yang dapat tercatat langsung di dalam aplikasi pihak-pihak terkait, seperti: Kesetjenan c.q. Biro Keuangan, Kementerian Keuangan c.q. KPPN dan Inspektorat Jenderal, sehingga hal ini dapat mempersingkat proses pertanggungjawaban keuangan.

Acara peresmian diakhiri dengan pemberian mock-up dari tiga bank negara secara simbolis kepada para Kuasa Pengguna Anggaran dari seluruh Satker Pusat Kementerian Luar Negeri.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.