Dark/Light Mode

Bawang Putih Impor Masuk Tanah Air

Harga Mulai Turun, Emak-emak Tenang

Sabtu, 4 Mei 2019 08:00 WIB
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. (Foto : Istimewa).
Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Mulai Turun

Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Jakarta dan Bekasi mulai mengalami penurunan. Misalnya, di Pasar Perumnas Klender harga bawang putih berkisar Rp 48 ribu sampai Rp 40 ribu per kilogram (kg) dari sebelumnya di atas Rp 50 ribu per kg. Penurunan harga bawang putih itu membuat emak-emak lebih tenang.

Baca juga : 60 Ribu Ton Bawang Putih China Sudah Masuk, Harga di Pasar Pasti Turun

“Alhamdulilah sudah turun. Biaya belanja bisa lebih hemat, bisa digunakan buat beli yang lain. Semoga bisa terus turun, normal lagi harganya,” ungkap Maryani, warga Klender.

Di Pasar Baru Bekasi harga bawang putih juga terpantau mulai turun. Harga komoditas itu berkisar Rp 30 ribu per kg dari sebelumnya Rp 40 ribu per kg. Yulmi bersyukur harga bawang putih turun sehingga mengurangi beban belanja urusan dapur. Apalagi, biasanya menjelang puasa dia nyetok bahan pangan agar puasa tidak repot. Dia berharap harga bawang putih bisa kembali normal.

Baca juga : Kapal Prabowo Mulai Oleng

“Penurunan belum rata. Kalau bawang putih berkulitas baik masih Rp 45 ribu per kg. Yang turun baru yang jelek,” imbuhnya.

Seperti diketahui, harga bawang putih bergerak liar sejak awal tahun. Puncaknya dua pekan belakangan ini, harga bawang putih tembus hingga Rp 70 ribu per kg. Padahal normalnya cuma Rp 25 ribu per kg. [NOV

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.