Dark/Light Mode

Banyak Slot Penerbangan Lebaran

Bandara Baru Yogyakarta Bantu Pergerakan Pemudik

Sabtu, 4 Mei 2019 19:44 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Keempat Kanan), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ketiga Kanan), Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi (Kelima Kanan), dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwana X (kanan) di Bandara Internasional Yogyakarta. Sabtu (04/05)
Wakil Presiden Jusuf Kalla (Keempat Kanan), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Ketiga Kanan), Dirut Angkasa Pura I Faik Fahmi (Kelima Kanan), dan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwana X (kanan) di Bandara Internasional Yogyakarta. Sabtu (04/05)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) di proyeksikan bisa membantu kelancaran arus pergerakan pemudik angkutan lebaran tahun ini.

Banyaknya slot penerbangan di bandara baru yang terletak di Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo ini, jadi alternatif pilihan disaat slot penerbangan musim lebaran rute  Jakarta tujuan Bandara Adisutjipto Yogyakarta, susah didapatkan.

Baca juga : JK Puji Bandara Internasional Yogyakarta

"Dengan keberadaan YIA, slot penerbangan akan memberikan banyak pilihan," tutur Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, disela-sela mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla di Bandara Internasional Yogyakarta, Sabtu (4/5).

Dijelaskan, masyarakat Yogyakarta di bagian timur, termasuk Klaten, bisa menggunakan penerbangan di Bandara Adisutjipto. Kemudian, masyarakat Yogyakarta bagian barat, termasuk Magelang dan Purworejo, Jawa Tengah bisa menggunakan YIA. 

Baca juga : PLN Pusenlis Berikan Edukasi Pemadaman Kebakaran Buat Warga Kota Bambu Selatan

"Harapannya (YIA) akan menjadikan bandara ini sebagai prasarana dan aksesibilitas bagi turis. Jangka pendek untuk penerbangan domestik," ujarnya.

Keberadaan kedua bandara ini diharapkan bisa menambah pilihan masyarakat untuk menggunakan transportasi udara.  Diterangkan, Pada saat lebaran nanti, akan ada 25-30 penambahan jadwal penerbangan dari Bandara Adisutjipto yang akan dialihkan ke Bandara YIA. Pengalihan sebagian penerbangan domestik ini akan mengurangi kepadatan di Bandara Adisutjipto.

Baca juga : Menteri Basuki Pindah Ibu Kota Butuh Waktu Lama

  "Lebaran biasanya cari slot (penerbangan) susah. Dengan adanya bandara (YIA) ini slot akan banyak. Akan membantu pergerakan dari Jakarta ke Jateng (Jawa Tengah) bagian selatan," ungkap BKS.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.