Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Warung Pintar Salurkan Bansos Ke 250 Ribu Penerima

Selasa, 27 Juli 2021 20:20 WIB
Warung Pintar. (Foto: ist)
Warung Pintar. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Warung Pintar Group turut menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada 250 ribu penerima manfaat di lebih dari 20 kota dan kabupaten di Indonesia senilai Rp 20 miliar. Bantuan tersebut disalurkan sejak Mei 2020 lewat infrastruktur Bantuan Pintar.

Menurut CEO Warung Pintar Group, Agung Bezharie Hadinegoro, langkah ini sebagai upaya gotong royong untuk mendukung masyarakat dan pemerintah dalam membantu sektor-sektor terdampak Covid-19 di Indonesia, 

Inisiasi Bantuan Pintar sendiri adalah, infrastruktur bantuan sosial (bansos) yang terintegrasi mulai dari sistem pemesanan, penyediaan, pengiriman, hingga penyaluran bantuan kepada penerima manfaat.

"Bantuan Pintar merupakan layanan penyaluran bantuan sosial pertama di Indonesia yang menawarkan solusi terintegrasi dari hulu ke hilir berbasis teknologi," ungkap Agung, Selasa (27/7). 

Baca juga : Cegah Stunting, BAZNAS dan BKKBN Salurkan Kurban 400 Domba

Bantuan Pintar memiliki dua pilar utama dalam penyaluran bantuan sosial, yaitu sistem distribusi yang transparan dan penyaluran bantuan yang tepat sasaran. Lewat Bantuan Pintar, Aplikasi Warung Pintar yang saat ini digunakan oleh ratusan ribu pemilik warung, difungsikan sebagai infrastruktur yang dimanfaatkan sebagai peranti pengadaan barang bantuan. 

Aplikasi tersebut memungkinkan penyalur untuk memperoleh transparansi, mulai dari segi harga terbaik, kualitas barang, hingga pelacakan proses pengiriman produk yang detail hingga ke penerima manfaat.

Agung menjelaskan, Bantuan Pintar juga memberdayakan para pemilik warung dalam penyaluran bantuan sosial bersifat bottom-up, mengingat warung adalah bagian dari lingkungan yang dekat dengan masyarakat. 

Mereka dilibatkan di seluruh tahapan untuk mendukung transparansi data, mulai dari pendataan penerima bantuan, verifikasi penerima manfaat, hingga penyaluran bantuan itu sendiri. 

Baca juga : Ini Langkah BNI Percepat Salurkan Bansos PKH Dan Sembako Di Masa Pandemi

Proses verifikasi penerima manfaat pun dijalankan bersama lembaga terkecil seperti RT, RW, dan kelurahan atau desa untuk memastikan bantuan sosial tersalurkan tepat sasaran, bukan ke penerima fiktif, dan memastikan setiap penerima manfaat menerima bantuan sesuai angka yang disepakati agar penyaluran bantuan dapat lebih merata.

“Warung Pintar Group memanfaatkan ekosistem digital terlengkap yang kita miliki untuk tujuan yang lebih besar, sebagai jalur distribusi penyaluran bantuan sosial," imbuhnya.

Bantuan yang disalurkan oleh kolaborator memiliki beberapa opsi sistem penyaluran sesuai dengan tujuannya, seperti bantuan atau subsidi sembako kepada pegawai, kebutuhan asrama atau panti asuhan, sarana protokol kesehatan untuk para pelaku UMKM yang berjuang di tengah pandemi.

Hingga bantuan modal usaha dan edukasi pengembangan usaha untuk mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional oleh Pemerintah. Lebih dari 20 lembaga tercatat telah bekerjasama dengan Warung Pintar Group, di antaranya Bank Indonesia, Kompas Cyber Media, Rumah Yatim, Baznas (Bazis) DKI Jakarta, dan puluhan partner lainnya.

Baca juga : Wapres Minta Distribusi Bansos PPKM Di Jawa Tengah Dipercepat

Perwakilan mitra lembaga Bantuan Pintar, Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Doni Primanto Joewono mengatakan, Program Sosial Bank Indonesia bersama Warung Pintar Group adalah sebuah terobosan yang dapat menjadi role model program pemberdayaan ekonomi lain kepada UMKM, terutama warung dan usaha ultra mikro. 

"Saat ini, BI telah memanfaatkan Bantuan Pintar untuk melaksanakan program pemberdayaan berbasis komunitas terhadap 3.000 penerima manfaat yang usaha warungnya terdampak pandemi Covid-19," sebut Doni. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.