Dark/Light Mode

Salurkan 475.420 Paket

Bansos Dan 2,4 Juta Kg Beras Jenderal Sigit Gesit

Kamis, 22 Juli 2021 07:30 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Humas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penyerahan bantuan sosial (bansos) yang dilakukan oleh Polri kepada warga di berbagai daerah layak diacungkan jempol. Hingga kemarin, korps berbaju coklat itu sudah salurkan 475.420 paket bansos dan 2,4 juta kilo gram beras. Tingginya capaian ini bukti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memang gesit melaksanakan arahan dari Presiden Jokowi.

Dalam sepekan terakhir, Jenderal Listyo diketahui rajin blusukan ke sejumlah wilayah di Tanah Air. Selain memastikan pelaksanaan PPKM Darurat berjalan lancar, Kapolri juga turun langsung membagi-bagikan bansos kepada warga.

Pada Jumat lalu, ia membagikan bansos di Kota Bandung. Malamnya, ia sudah berkeliling membagikan paket bansos kepada pedagang kaki lima (PKL) di Kota Solo, Jawa Tengah. Sehari kemudian, ia membagikan bansos di tiga provinsi sekaligus. Jawa Tengah, Yogyakarta dan Sidoarjo (Jawa Timur). Besoknya, ia meluncur ke Banten.

Berita Terkait : Kapolri Instruksikan Jajarannya: Percepat Penyaluran Bansos

Gaya Sigit membagikan bansos ini mirip dengan yang dilakukan Presiden Jokowi. Mengantarkan bansos langsung ke rumah warga. Tak segan, eks Kapolda Banten itu, turun langsung ke pemukiman padat di gang-gang sempit untuk memastikan bansos tepat sasaran. Sigit juga selalu menyempatkan berbincang dengan penerima bansos.

“Kalau sudah habis, nanti lapor ke petugas yang lewat. Nanti dibagi lagi,” begitu pesan Sigit selalu.

Sigit mengaku, penyerahan bansos oleh unsur kepolisian sudah berlangsung sejak 3 hingga 19 Juli. Mereka yang jadi sasaran penyerahan bansos, yakni warga yang paling berdampak selama penerapan PPKM Darurat.

Berita Terkait : Polri Serahkan 475 Ribu Paket Sembako & 2,4 Juta Kg Beras

“Polri telah mendistribusikan bantuan sosial kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di 34 wilayah Polda sebanyak 475.420 paket sembako dan 2.471.217 kg beras,” kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, kemarin.

Eks Kabareskrim ini menegaskan, penyerahan bansos oleh pihak kepolisian bukan hanya dilakukan saat penerapan PPKM Darurat saja. Sepanjang tahun 2020, pihaknya juga menyerahkan bansos sebanyak 394.347 paket sembako, 30.000 ton beras, 790.436 Alkes/APD, dan mendirikan 13.119 dapur umum.

Sementara, sampai dengan 2 Juli 2021, bansos yang disalurkan Polri sebanyak 750.780 paket sembako, 3.753 ton beras, 763.079 Alkes/APD, dan mendirikan 143.467 dapur umum.

Berita Terkait : Asyik, Risma Siapkan Rp 7,08 T Bansos Untuk 5,9 Juta Penerima Baru

Dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, kemarin, Sigit kembali menginstruksikan jajarannya untuk melakukan percepatan penyaluran bansos. Kata dia, bansos akan meringankan beban masyarakat di tengah pembatasan aktivitas selama pandemi.
 Selanjutnya