Dark/Light Mode

Bantu Penanganan Corona, BI Donasikan 5.700 Tabung Oksigen

Jumat, 6 Agustus 2021 15:30 WIB
Penyerahan bantuan oksigen dari BI ke Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji. (Foto: ist)
Penyerahan bantuan oksigen dari BI ke Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) melalui Program Dedikasi untuk Negeri berkomitmen memberikan bantuan 5.700 tabung oksigen dengan alat pendukungnya dan Alat Pelindung Diri (APD). Bantuan ini wujud solidaritas dan kepedulian terhadap penanganan pandemi Covid-19 nasional. 

Bantuan disalurkan kepada sejumlah rumah sakit di bawah koordinasi Kementerian Pertahanan, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan sejumlah rumah sakit lainnya di wilayah Jawa, Bali, dan Kalimantan Tengah melalui Kantor Perwakilan BI. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, langkah tersebut dilakukan dalam rangka mendukung penyelenggaraan Rumah Sakit Lapangan yang diperuntukkan bagi pasien Covid-19. Bantuan juga diberikan kepada TNI dan Polri

Baca juga : Bantu Tangani Covid-19, KSP Bagikan Masker Gratis Di Rawabadak

Dalam kesempatan penyerahan bantuan, Pangdam Jaya Mayjen TNI Mulyo Aji selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu Satgas Covid-19 wilayah Jakarta Raya, Bekasi, dan Tangerang menyampaikan apresiasi kepada BI. Jenderal Mulyo mengatakan, akan memanfaatkan secara baik bantuan yang diberikan, sebab dalam kondisi saat ini tabung oksigen dapat menyelamatkan banyak nyawa. 

"Pendistribusian tabung oksigen kepada kepada sejumlah rumah sakit di wilayah Jawa, Bali dan Kalimantan Tengah dilakukan secara bertahap," jelasnya dalam keterangan resmi, Jumat (6/8). Untuk tahap awal, pendistribusian tabung oksigen secara fisik di wilayah Jakarta telah diberikan kepada Rumah Sakit Fatmawati, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DKI Jakarta, dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM). Sementara di wilayah Jawa lainnya telah dilakukan pendistribusian tabung oksigen lengkap dengan regulator ke wilayah Bandung dan Solo.

Pada saat yang sama, dukungan BI tidak hanya melalui lembaga tetapi juga oleh pegawai melalui Ikatan Pegawai Bank Indonesia (IPEBI). Sejak tahun 2020, IPEBI menginisiasi penggalangan dana untuk bantu penanganan Covid-19 yang dihimpun melalui Program Donasi IPEBI. 

Baca juga : Apical Gruop Bersama Tanoto Foundation Donasikan 18 Ton Oksigen di Padang

Khusus dalam masa pemberlakuan PPKM level 4, IPEBI telah menyalurkan bantuan tersebut dalam bentuk unit kendaraan bermotor, hand pallet, vitamin, dan alat-alat penunjang kesehatan untuk RSD Wisma Atlet, alat terapi oksigen dan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga kesehatan di wilayah Jawa Timur, logistik makanan untuk Palang Merah Indonesia (PMI), serta vitamin untuk RSCM.

"Program Dedikasi Untuk Negeri merupakan program tanggung jawab sosial BI kepada masyarakat," terang Erwin. 

Melalui tiga pilarnya, yaitu Program Peningkatan Kapasitas Ekonomi dan UMKM, Program Pengembangan Kapasitas SDM, dan Pemahaman Publik, serta Program Kepedulian Sosial, BI telah menyalurkan bantuan kepada 7068 lembaga atau kelompok masyarakat di seluruh Indonesia pada sepanjang 2020. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.