Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kopi Mamasa Go Internasional, Tampil Di Russia Halal Expo 2021

Jumat, 6 Agustus 2021 19:59 WIB
Para pengunjung paviliun Indonesia menikmati aneka produk Tanah Air di ajang Russia Halal Expo 2021. (Foto: Istimewa)
Para pengunjung paviliun Indonesia menikmati aneka produk Tanah Air di ajang Russia Halal Expo 2021. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cita rasa khas kopi kembali mengharumkan nama Indonesia. Kopi Mamasa dari Sulawesi Barat hadir pada ajang promosi “Russia Halal Expo 2021”, di Kazan Expo, Kazan, 28-30 Juli 2021. Koperasi Produsen Tapusmas, pelaku usaha kopi binaan Ditjen Perkebunan, Kementerian Pertanian (Kementan), mengikuti pameran tersebut dengan membawa produk kopi khas Mamasa merk “Lambanan”. 

“Rasanya senang dan bangga dapat berkontribusi pada pameran skala Internasional ini di Rusia. Kami atas nama lembaga Koperasi Produsen Tapusmas mengucapkan terima kasih atas fasilitasi dari Ditjen Perkebunan sehingga bisa mengikuti kegiatan pameran ini,” ujar Ketua Koperasi Produsen Tapusmas Mika Pokiringan Bombong, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (6/8).

Baca juga : Lestarikan Budaya Bajo, Mahasiswa Internasional Usulkan Museum Virtual

Mika menambahkan, walau di tengah pandemi Covid19, antusiasme masyarakat Muslim dunia cukup besar dan hadir dalam pameran tersebut. “Meja promosi kami ramai dikunjungi para pengunjung dan buyer dari beberapa daerah di kawasan Federasi Rusia untuk bertanya potensi bisnis dan mencicipi kopi Mamasa,” terangnya. 

Mika melanjutkan, paviliun Indonesia di Russia Halal Expo 2021 ini sangat banyak mendapatkan perhatian. Selain kopi, produk lain yang mendapat banyak perhatian adalan kakao, sagu, dan rempah-rempah. 

Baca juga : Ini Jagoan Ancelotti Di Piala Eropa 2020

“Selain kopi, delegasi Indonesia turut membawa produk-produk khas lain. Di antaranya produk olahan sagu berupa mie sagu dari Kabupaten Bangka (merk Sagoo Mie) dan beberapa produk coklat yang diproduksi UPH Mapilli Jaya dari Kabupaten Polewali Mandar,” ujarnya.

Plt Dirjen Perkebunan Ali Jamil mengapresiasi keikutsertaan pelaku usaha Indonesia pada pameran tersebut. Menurutnya, promosi ini merupakan pelaksanaan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam program Gerakan 3 Kali Lipat ekspor (Gratieks). 

Baca juga : Hari UMKM Internasional, BSI & Shopee Gelar Pelatihan Go Digital

“Kementerian Pertanian melalui Ditjen Perkebunan akan mendukung kegiatan-kegiatan promosi ke depan sebagaimana dicanangkan Bapak Menteri Pertanian melalui program promosi one day with Indonesia coffee and fruit, yang tahun 2021 ini akan kita mulai di 4 negara yaitu Belgia, Italia, Amerika Serikat, dan Jepang,” ujarnya.

Ali berharap, keikutsertaan delegasi Indonesia pada Russia Halal Expo 2021 dapat meningkatkan transaksi perdagangan Indonesia ke pasar ekspor Rusia. “Kita perlu mengidentifikasi dan melihat beberapa potential buyer yang serius untuk melakukan kerja sama perdagangan, tentunya perlu juga didampingi dan difasilitasi oleh Atase Perdagangan KBRI Moskow, Rusia,” terangnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.