Dark/Light Mode

KAI Sambut Baik Kehadiran Kereta Bandara Yogyakarta International Airport

Kamis, 12 Agustus 2021 12:23 WIB
Kereta Bandara di Yogyakarta International Airport (YIA). (Dok. Angkasa Pura I)
Kereta Bandara di Yogyakarta International Airport (YIA). (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung berbagai persiapan yang tengah dilakukan Angkasa Pura I terkait layanan KA (Kereta Api) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Ini merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

“Pada Mei 2019 Kereta Api Bandara YIA beroperasi melalui Stasiun Wojo. Layanan Kereta Api Bandara YIA ini dapat langsung masuk ke dalam Bandara melalui Stasiun Bandara YIA. Ini untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Bandara YIA,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Dalam tahap persiapan ini, KAI sebagai operator memberikan dukungan dengan mempersiapkan area pelayanan pelanggan KA. Baik yang berada di Stasiun Bandara YIA maupun di Stasiun Yogyakarta.

Baca juga : KAI Dukung Penuh Kehadiran KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Di Stasiun Bandara YIA, telah dibangun ruang tunggu dan pelayanan penumpang yang representatif.

Tersedia fasilitas pelayanan loket, Informasi Pelanggan (Customer Service), ruang tunggu yang nyaman, fasilitas ruang kesehatan serta laktasi, dan pos keamanan.

Untuk menuju ke area peron stasiun, nantinya hanya pelanggan KA Bandara yang sudah memiliki tiket yang dapat masuk melalui e-gate yang tersedia ketika KA yang akan dinaiki sudah tersedia.

Baca juga : Uji Coba Lancar, Kereta Bandara YIA Beroperasi Mulai 17 Agustus 2021

Joni mengatakan, ruang pelayanan penumpang KA di Stasiun Bandara YIA ini memiliki pernik-pernik khas Yogyakarta dan tersedia pelayanan yang representatif, tujuannya untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan KA Bandara.

"Sedangkan untuk di Stasiun Yogyakarta, KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus pelanggan Kereta Api Bandara,” ungkap Joni.

KAI juga telah mempersiapkan SDM perusahaan yang nantinya akan bertugas untuk melayani pera pelanggan kereta api dan menjalankan operasional KA Bandara yang saat ini masih dalam tahap proses persiapan oleh berbagai pihak.

Baca juga : Kembangkan Kawasan Bandara Yogyakarta, Angkasa Pura Properti Cari Mitra Strategis

Joni menjelaskan, terkait detail pengoperasian perjalanan KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta - Stasiun Bandara YIA , KAI masih menunggu arahan resmi dari Pemerintah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.