Dark/Light Mode

Survei BI: Harga Properti Naik Di Triwulan II

Jumat, 13 Agustus 2021 18:29 WIB
Perumahan. (Foto: Antara)
Perumahan. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil Survei Harga Properti Residensial (SHPR) Bank Indonesia (BI) mencatat harga properti residensial tumbuh meningkat 1,49 persen pada triwulan II-2021. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya sebesar 1,35 persen.

Untuk itu, harga properti residensial primer diperkirakan tumbuh lebih terbatas pada triwulan III 2021 sebesar 1,12 persen yoy. Dari sisi penjualan, hasil survei mengindikasikan penjualan properti residensial di pasar primer pada triwulan II 2021 mengalami penurunan. 

Baca juga : Semester I 2021, Properti Indonesia Mengalami Pertumbuhan

Hal ini tercermin dari penjualan properti residensial yang terkontraksi 10,01 persen yoy pada triwulan II-2021, menurun dari 13,95 persen yoy pada triwulan sebelumnya. "Penurunan penjualan properti yang lebih dalam tertahan oleh penjualan properti tipe rumah menengah yang tetap tumbuh positif," jelas keterangan resmi BI yang dikutip, Jumat (13/8). 

Berdasarkan sumber pembiayaan, hasil survei menunjukkan bahwa pengembang masih mengandalkan pembiayaan yang berasal dari nonperbankan untuk pembangunan properti residensial. Pada triwulan II-2021, sebesar 66,45 persen dari total kebutuhan modal pembangunan proyek perumahan berasal dari dana internal. 

Baca juga : Mantap! Pertamina Hulu Indonesia Lampui Target Produksi Di Triwulan II/2021

Sementara dari sisi konsumen, pembiayaan perbankan dengan fasilitas KPR tetap menjadi pilihan utama konsumen dalam pembelian properti residensial dengan pangsa mencapai 75,08 persen dari total pembiayaan. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.