Dark/Light Mode

Pupuk Kaltim Rilis Aplikasi Mitros

Minggu, 15 Agustus 2021 07:30 WIB
Ilustrasi CoD dengan layanan aplikasi Mitros PT Pupuk Kaltim. (Foto : Antara).
Ilustrasi CoD dengan layanan aplikasi Mitros PT Pupuk Kaltim. (Foto : Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) merilis aplikasi Mitra Binaan Online Store (Mitros) diperuntukan untuk ratusan Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) lokal di wilayah sekitar perusahaan. Kehadiran aplikasi Mitros diharapkan semakin membantu UMKM lokal untuk go digital, dan menjangkau pasar yang lebih luas lewat adopsi teknologi secara berkelanjutan.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi mengatakan, melalui kehadiran aplikasi inovatif tersebut, tercatat ratusan UMKM lokal di wilayah Kalimatan Timur (Kal­tim) berhasil meningkatkan peng­hasilan saat pandemi Covid-19.

Sebagai perusahaan produsen pupuk urea terbesar di Indonesia dan anggota dari PT Pupuk Indonesia (Persero), sambung Rahmad, transformasi digital telah menjadi fokus utama PKT sejak beberapa tahun belakangan.

Baca juga : Koalisi Senang Oposisi Girang

“Digitalisasi terintegrasi yang dilakukan PKT berhasil meningkatkan daya saing perusahaan. Sekaligus meningkatkan efisiensi energi,” ujar Rahmad dalam keterangan resmi, kemarin.

Berbekal kemampuan dan pengalaman tersebut, PKT merasa turut memajukan digitalisasi UMKM Lokal dengan menghadirkan aplikasi Mitros. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan un­tuk memberikan dampak positif. Dan sebagai agen pembangunan bagi ekosistem sekitar.

“Mitros dirancang untuk mempermudah adopsi teknologi oleh UMKM lokal. Kami berharap dampak positif yang kami rasakan juga dapat dirasakan oleh UMKM,” imbuh Rahmad.

Baca juga : Sucofindo Rilis Aplikasi Pengaduan Anti Suap

Sebab, sambung dia, aplikasi Mitros memungkinkan pelaku UMKM menjual produk secara online, dengan berbagai kategori. Mulai dari Mitra Food (warung, cafe, restoran), Mitra Mart (minimarket, toko), Mitra Med (apotek), hingga pelayanan jasa seperti Mitra Express (ojek, kirim barang) dan Mitra Clean (cuci mobil, laundry).

Hingga kini, sudah ada 148 pelaku UMKM yang bergabung dalam aplikasi tersebut. Adapun para pelaku UMKM tersebut tidak hanya dikhususkan bagi Mi­tra Binaan PKT saja, tetapi juga pelaku UMKM lokal di Bontang.

“Kami berharap Hari UMKM Nasional pada 12 Agustus bisa menjadi momentum kebangki­tan bersama bagi UMKM,” ucap Rahmad. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.