Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

AP I Sulap Lahan Eks Bandara Selaparang Lombok Jadi Automotive Sports Parks

Senin, 16 Agustus 2021 21:29 WIB
Kondisi eks-Bandara Selaparang Lombok saat ini, Agustus 2021. (Dok. Angkasa Pura I)
Kondisi eks-Bandara Selaparang Lombok saat ini, Agustus 2021. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan optimalisasi utilisasi aset atau lahan idle menjadi destinasi baru bagi masyarakat. Salah satunya adalah dengan mengembangkan lahan eks-Bandara Selaparang Lombok.

Upaya Angkasa Pura I ini untuk mendukung strategi perluasan portofolio bisnis dan meningkatkan potensi sumber pendapatan baru dalam jangka panjang.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi menjelaskan, pengembangan kawasan eks-Bandara Selaparang ini seiring dengan inisiatif Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang akan mengembangkan automotive sports tourism di Indonesia.

Baca juga : KAI Sambut Baik Kehadiran Kereta Bandara Yogyakarta International Airport

"Pengembangan kawasan ini juga sejalan dengan pengembangan Mandalika sebagai sport tourism center. Sehingga nantinya Lombok akan memiliki sarana pendukung sports tourism yang lengkap," kata Faik Fahmi.

Disebutkan, memanfaatkan bekas landas pacu sepanjang 2.100 meter, nantinya pada lahan ini akan diselenggarakan berbagai event otomotif tingkat nasional, baik roda dua maupun roda empat.

Misalnya seperti event racing roda dua (bike drag kelas <200cc, bike drag kelas motor listrik, kelas superbike) dan roda empat (drag race, drifting car, dan sprint rally).

Baca juga : KAI Dukung Penuh Kehadiran KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Pengembangan dan optimalisasi lahan eks-Bandara Selaparang ini dilakukan dengan mendorong peran anak perusahaan Angkasa Pura Property sebagai pengembang utama yang akan berkolaborasi dengan mitra strategis.

Adapun pengumuman rencana kerja sama dengan calon mitra strategis akan dilakukan pada 14 September 2021 mendatang di mana pendaftaran seleksi bagi calon mitra yang berminat berpartisipasi dibuka pada 14 September hingga 14 Oktober 2021.

Tahap aanwijzing dokumen rencana kerja sama (RKS) akan dilakukan pada 20 Oktober 2021 dan penyerahan dokumen mitra maksimal dilakukan pada 17 Desember 2021.

Baca juga : Proyek Jalan Layang Ke Bandara Ahmad Yani Semarang Hampir Rampung

Pada lahan yang dijadikan sports parks tersebut juga akan dibangun area ritel, perkantoran, dan hotel untuk mendukung penyelenggraan event olahraga otomotif di sana. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.